Bapenda Pekanbaru akan Cetak Ratusan Ribu SPPT PBB

Selasa, 14 Februari 2023 - 14:04:24 WIB Cetak

Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan

Betuah Pekanbaru - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru, tahun ini akan mencetak sekitar 200 ribu Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB).

"Sekarang kita dalam proses verifikasi data di sistem untuk cetak massal. Kita targetkan di akhir bulan ini sudah dicetak," kata Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, Selasa (14/2/2023).

"Setelah dicetak, SPPT tersebut nantinya langsung kita sampaikan ke masyarakat wajib pajak," ulas pria yang akrab disapa Bang Akur itu.

Hanya saja untuk penyampaian SPPT sendiri, terang dia, tahun ini ada perubahan sistem. Yang mana SPPT yang telah diserahkan ke wajib pajak baik oleh petugas bapenda maupun RT dan RW mesti dilaporkan secara digital.

"Sehingga ada bukti SPPT nya itu betul-betul sudah tersampaikan ke wajib pajak. Karena selama ini dari evaluasi kami, SPPT ini kan banyak yang tidak sampai ke masyarakat," ungkapnya.

Padahal, lanjut Alek yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Disketapang ini, untuk satu SPPT PBB yang disampaikan melalui RT dan RW kepada wajib pajak diberikan insentif sebesar Rp4 ribu.

"Untuk itu, ke depannya akan lebih kita mantapkan lagi dengan digitalisasi. Nanti petugas yang menyampaikan SPPT, kita minta mereka mengisi data di aplikasi yang kita buat. Kalau sudah diisi datanya, baru insentif kita bayarkan," ujarnya.

"Aplikasi yang kita rancang ini juga sebagai salah satu upaya untuk pendataan ulang terhadap objek PBB. Nanti akan kita lengkapi juga dengan Google Maps," tutup Alek.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+