Ratusan Ahli Waris Kurang Mampu di Pekanbaru Terima Santunan Kematian

Selasa, 06 Juni 2023 - 22:18:30 WIB Cetak

Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus

Betuah Pekanbaru - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru mencatat, sepanjang 2023 ini sudah terdapat sebanyak 119 ahli waris dari keluarga kurang mampu yang menerima santunan kematian dari pemerintah kota setempat.

"Itu (119 ahli waris penerima bantuan) tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru," kata Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Idrus, Selasa (6/6/2023).

Ia menyampaikan, bantuan santunan kematian yang merupakan salah satu program prioritas Pj Walikota Pekanbaru Muflihun itu bertujuan membantu meringankan beban ahli waris dari keluarga kurang mampu untuk memenuhi biaya penyelenggaraan jenazah.

"Jadi, ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Pekanbaru dengan memberikan sedikit bantuan yang kami harapkan dapat membantu meringankan beban keluarga yang sedang berduka," ucap dia.

Sesuai prosedur, terang Idrus, ahli waris keluarga kurang mampu yang ingin mengajukan bantuan santunan kematian harus melapor terlebih dahulu ke RT, RW dan kelurahan setempat.

"Kemudian dari kelurahan, itu bisa langsung ke dinas (Dinsos) atau ke kecamatan dan kecamatan yang melapor ke dinas," paparnya.

Namun demikian, Dinsos sendiri juga bisa menerima laporan langsung dari ahli waris.

"Jadi kalau ada warga yang langsung melapor ke kita, itu tetap kita layani. Laporan yang masuk, itu langsung kita tindaklanjuti dengan mengirimkan tim verifikasi ke lapangan," ujarnya.

"Nantinya, tim verifikasi ini mereka melapor dulu ke pemerintah setempat seperti RT dan RW. Nanti hasil verifikasinya dilaporkan ke kelurahan dan kecamatan. Hasil verifikasi inilah yang menentukan layak atau tidaknya ahli waris mendapat bantuan santunan kematian," ulas Idrus.

Setelah dinyatakan layak, lanjut dia, Dinas Sosial selanjutnya mengajukan permohonan pencairan anggaran ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

"Setelah dicairkan BPKAD, baru kita serahkan ke ahli waris. Penyalurannya tunai," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+