Bakal Terima BLT, Warga Miskin Ekstrem di Pekanbaru Capai 3.919 Jiwa

Selasa, 20 Juni 2023 - 21:41:37 WIB Cetak

Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 3.919 jiwa dari 715 kepala keluarga (KK) di Kota Pekanbaru, Riau, masuk dalam kategori miskin ekstrem.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Idrus menyebutkan, jumlah warga miskin ekstrem itu merupakan hasil pendataan yang dilakukan di 83 kelurahan.

"Kita telah melakukan pendataan dor to dor lebih kurang satu bulan terakhir dan sudah selesai. Maka warga yang alami kemiskinan ekstrem itu berjumlah 3.919 jiwa," ungkapnya, Selasa (20/6/2023).

Disampaikan Idrus, warga yang masuk kategori miskin ekstrem itu secara data berkurang dibandingkan tahun 2022 berjumlah 4.000 jiwa.

"Kalau ada intervensi dari pemerintah, Insyaallah di tahun 2024 warga alami kemiskinan ekstrem bisa turun drastis. Karena ada dana sharing dari pemerintah," ucap dia.

Dana sharing dimaksud berbentuk Bantuan Langsung Tunai atau BLT yang nantinya bakal diberikan kepada warga yang alami kemiskinan ekstrim. Dana ini berasal dari pemerintah kota dan separuh lagi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

"Itu ada dua bantuan yang harus kita lakukan. Pertama BLT untuk jangka pendek, dan berupa pelatihan," terang Idrus.

Saat ini, lanjut dia, besaran bantuan tersebut masih dalam kajian pemerintah. Pihaknya tetap mengusulkan bantuan berupa BLT dan bantuan dalam bentuk pelatihan.

Pelatihan ini guna memberi keterampilan kepada warga miskin ekstrem agar bisa dimanfaatkan untuk berwirausaha. Sehingga bisa meningkatkan taraf kehidupan mereka.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+