Dinsos Pekanbaru Sudah Salurkan Santunan Kematian Ratusan Juta ke 239 Ahli Waris

Selasa, 01 Agustus 2023 - 18:33:51 WIB Cetak

Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus

Betuah Pekanbaru - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, sepanjang 2023 ini sudah menyalurkan bantuan santunan kematian senilai Rp239 juta kepada 239 ahli waris keluarga kurang mampu.

Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Idrus menyebutkan, ratusan ahli waris penerima santunan kematian masing-masing sebesar Rp1 juta itu tersebar di 15 kecamatan.

"Data ini (penerima bantuan) bergerak terus," ucapnya, Selasa (1/8/2023).

Ia menyampaikan, untuk ahli waris terbanyak penerima santunan kematian tercatat di Kecamatan Tenayan Raya berjumlah 38 ahli waris, disusul Rumbai Timur 27 ahli waris dan Kecamatan Kulim 26 ahli waris.

Kemudian di Kecamatan Rumbai 23 ahli waris, Limapuluh dan Senapelan masing-masing 19 ahli waris, Marpoyan Damai 14, Rumbai Barat 13, serta di Kecamatan Bukit Raya dan Pekanbaru Kota masing-masing 10 ahli waris.

"Lalu di Kecamatan Payung Sekaki ada 9 ahli waris yang menerima bantuan, Sukajadi 9, Binawidya 8, Sail juga 8 ahli waris, dan di Kecamatan Tuah Madani ada 7 ahli waris penerima bantuan," urai Idrus.

Ia menyebutkan, ahli waris dari keluarga kurang mampu yang ingin mengajukan bantuan santunan kematian harus melapor terlebih dahulu ke RT, RW dan kelurahan setempat.

"Kemudian dari kelurahan, itu bisa langsung ke dinas (Dinsos) atau ke kecamatan dan kecamatan yang melapor ke dinas," terang dia.

Namun demikian, Dinsos sendiri juga bisa menerima laporan langsung dari ahli waris.

"Jadi kalau ada warga yang langsung melapor ke kita, itu tetap kita layani. Laporan yang masuk, itu langsung kita tindaklanjuti dengan mengirimkan tim verifikasi ke lapangan," ungkap Idrus.

Nantinya, tim verifikasi akan melapor dulu ke pemerintah setempat seperti RT dan RW. Setelah itu, hasil verifikasi dilaporkan ke kelurahan dan kecamatan.

"Hasil verifikasi inilah yang menentukan layak atau tidaknya ahli waris mendapat bantuan santunan kematian," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+