Musda PJS Riau, Kepala Diskominfo Pekanbaru Minta Sampaikan Kritik Secara Elegan

Senin, 07 Agustus 2023 - 22:28:04 WIB Cetak

Kepala Diskominfotiksan Kota Pekanbaru Raja Hendra Saputra (dua dari kanan), saat menghadiri Musda DPD PJS Riau, bertempat di Hotel Hollywood, Senin (7/8/2023).

Betuah Pekanbaru - Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Pekanbaru Raja Hendra Saputra, menyatakan jika pemerintah kota setempat tidak alergi dengan kritikan. Namun, hal itu tentunya disampaikan secara elegan.

"Silahkan kritisi jika ada kebijakan yang dinilai kurang, tapi lakukan lah dengan elegan. Karena kritikan menjadi referensi kami juga untuk berbenah," tegas dia, pada Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Provinsi Riau, bertempat di Hotel Hollywood, Senin (7/8/2023).

Menurut Hendra, media massa khususnya media siber memiliki peran yang sangat penting guna menyampaikan berbagai program pembangunan kepada masyarakat secara cepat dan akurat dengan selalu mengacu pada Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Untuk itu, ia menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Musda DPD PJS Provinsi Riau dan berharap organisasi wartawan tersebut bisa melahirkan jurnalis yang kompeten dan berintegritas.

"Kita mengapresiasi dan mengharapkan sinergitas media bersama pemerintah terus terjalin dengan baik," ucapnya.

"Dengan terlaksananya Musda PJS tahun ini, mudah-mudahan menjadikan wartawan-wartawan yang tergabung di dalamnya dapat lebih bersinergi bersama," tutup Hendra menambahkan.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PJS Riau Mahmud Marhaba dalam sambutannya menjelaskan ihwal awal lahirnya PJS di Indonesia.

Ia menyebutkan, menjamurnya media online saat ini secara tidak langsung memunculkan banyak wartawan baru dan kebanyakan dari mereka berada di luar keorganisasian wartawan. Itu lah yang menjadi alasan hadirnya PJS guna menghimpun dan membina agar wartawan baru dapat menjadi wartawan yang kompeten dan profesional.

"PJS adalah organisasi profesi wartawan yang menghimpun semua jurnalis. Mereka yang tidak terhimpun di organisasi kewartawanan, kita rangkul untuk bergabung," ungkapnya.

"Saat ini sudah ada sebanyak 27 DPD se Indonesia. Insyaallah, usai Rakernas I Palembang nanti, kita akan mendaftar sebagai konstituen ke Dewan Pers," ulas Mahmud Marhaba.

Musda DPD PJS Riau sendiri berlangsung sukses. Turut hadir pada kesempatan itu Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Riau Fahmi, Humas Polda Riau, serta undangan lainnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+