Pasar Rakyat di Pekanbaru Didorong Terapkan QRIS Sebagai Alat Pembayaran

Senin, 21 Agustus 2023 - 21:26:42 WIB Cetak

Staf Ahli Walikota Pekanbaru Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Mahyudin

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mendorong seluruh pasar rakyat untuk menerapkan pembayaran nontunai melalui Quick Response Code Indonesian Standar atau QRIS.

Staf Ahli Walikota Pekanbaru Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Mahyudin menyebutkan, saat ini baru satu dari 7 pasar rakyat yang telah menerapkan QRIS sebagai alat pembayaran.

"Yang resmi baru satu pencanangan, Pasar Limapuluh. Untuk yang lain, akan kita dorong Disperindag untuk mencanangkan itu. Nanti akan kita undang," ucapnya, Senin (21/8/2023).

Menurut Mahyudin, pencanangan QRIS di pasar rakyat mesti dilakukan mengingat penggunaan QRIS sendiri rata-rata sudah diterapkan di pasar modern.

"Jadi diharapkan seluruh pedagang harus ikut dan seluruh pedagang harus siap. Artinya, semua pedagang harus menyiapkan marchen-nya, jadi mereka harus siap. Sewaktu-waktu ada pembeli yang mau beli pakai QRIS, mereka harus sudah siap, jangan bilang kalau QRIS nya macet atau alasan lainnya, yang padahal mereka belum ikut kan," ujarnya.

Terkait respon masyarakat terkait penggunaan QRIS sebagai alat bayar di pasar modern,  Mahyudin mengaku pihaknya masih belum ada melakukan uji petik.

"Tapi kami kira kalau masyarakat yang tidak gagal teknologi (gaptek), mereka malah akan senang. Tapi sebaliknya yang masih gaptek, mereka pasti akan sedikit kesulitan," tutup pria yang kini juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Ketapang ini.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+