Pembuang Sampah Sembarangan di Pekanbaru akan Didenda Hingga Rp5 Juta

Selasa, 29 Agustus 2023 - 19:49:43 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Sekdako Indra Pomi Nasution, saat meninjau salah satu titik tumpukan sampah di wilayah Kecamatan Sukajadi.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, kembali memberlakukan sanksi administrasi berupa denda hingga Rp5 juta kepada warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan dan tak sesuai waktu yang ditentukan.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian menyebutkan, penerapan saksi itu telah disosialisasikan pihaknya baik melalui himbauan maupun spanduk yang dipampang di Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah ilegal.

"Kita sudah memberikan himbauan sejak beberapa hari terakhir, tim penindakan segera bekerja. Mulai hari ini (sanksi) kita berlakukan," ungkapnya, Selasa (29/8/2023).

Disampaikan Bang Zoel, sapaan akrabnya, sanksi administrasi bagi pembuang sampah sembarangan akan disesuaikan dengan volume sampah yang dibuang.

"Sanksi terbesarnya Rp5 juta, itu sesuai perda (peraturan daerah). Jadi, nanti ada pelanggaran ringan, sedang dan berat. Kalau korporasi, volume sampahnya banyak, kita lakukan tipiring (tindak pidana ringan)," tegasnya.

Untuk itu, warga dihimbau agar disiplin membuang sampah sesuai waktu yang ditentukan dimulai pukul 19.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB.

"Kemudian kita harapkan juga agar DLHK mengingatkan ke operator supaya konsisten melakukan pengangkutan sampah sesuai jadwal yang ditetapkan. Jangan sampai sudah masuk waktu pembuangan sampah, tapi masih proses pengangkutan, itu yg akan menyebab terjadinya penumpukan sampah," ujarnya.

Guna meminimalisir penumpukan sampah, lanjut Bang Zoel, pihaknya bersama DLHK juga sudah melakukan penimbunan di beberapa TPS sampah ilegal.

"Setelah ditimbun, kemudian dilakukan penanaman pohon di lokasi TPS ilegal. Jadi, warga jangan lagi membuang sampah di situ. Kalau kedapatan, maka tim akan melakukan penindakan," tutupnya.

Seperti diketahui, tumpukan sampah kembali terjadi di Kota Pekanbaru sejak beberapa pekan terakhir. DLHK setempat berdalih tumpukan sampah disebabkan oleh kurangnya armada angkut operator karena banyak yang mengalami kerusakan. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+