Kunjungi MPP Pekanbaru, Menpan RB Dorong Terapkan Pelayanan Digital

Kamis, 07 September 2023 - 21:44:03 WIB Cetak

Menpan RB Abdullah Azwar Anas, menyapa warga yang tengah mengurus adminduk di MPP Disdukcapil Pekanbaru.

Betuah Pekanbaru - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, meninjau pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau, Kamis (7/9/2023).

Didampingi Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, dalam peninjauan tersebut Menpan RB tampak menyapa dan berbincang dengan sejumlah warga yang tengah mengurus berbagai perizinan dan nonperizinan.

Usai peninjauan, ia menyampaikan jika saat ini Pemerintah Pusat tengah mendorong seluruh MPP kabupaten/kota untuk menerapkan pelayanan digital atau berbasis online.

Dikatakan Menpan RB, penerapan layanan digital di MPP merupakan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) guna mempermudah warga dan pelaku usaha dalam mengurus berbagai perizinan mapun non perizinan.

"Ini adalah satu model bagaimana mengintegrasikan layanan di satu rumah yang diberi namanya MPP. Untuk itu, kita didorong oleh pak presiden agar membuat MPP digital," ungkapnya.

Dengan diterapkannya layanan digital, sebut Menpan RB, ke depannya bangunan MPP tidak mesti dibangun terlalu besar karena semua pelayanan bisa diakses secara online tanpa harus datang ke MPP.

"Gedung MPP tidak harus besar. Namun yang penting, layanannya dapat diakses masyarakat. Masyarakat tidak repot lagi mengisi formulir lagi ketika hendak mengakses layanan," tutupnya.

Sementara itu, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menpan RB ke MPP Pemko Pekanbaru. "Kita akan terus berbenah guna meningkatkan pelayanan di MPP sesuai arahan Pemerintah Pusat," ujarnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+