Andong dengan Grab, Disdukcapil Pekanbaru Antar Puluhan KTP Warga Per Hari

Selasa, 26 September 2023 - 19:40:51 WIB Cetak

Disdukcapil Pekanbaru per harinya megantar puluhan KTP warga menggunakan jasa Grab Express.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, dalam satu hari mengantar langsung sebanyak 30 hingga 50 KTP siap cetak ke rumah warga menggunakan jasa Grab Express.

Pengantaran KTP siap cetak ini merupakan kerjasama Anterin Dong (Andong) yang sudah terjalin antara Disdukcapil Kota Pekanbaru dan Grab sejak pertenganan Juni lalu.

"Kerjasama ini kita siapkan untuk masyarakat yang tidak ada waktu dan kesempatan untuk mengambil KTP nya yang selesai dicetak," kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita melalui Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Murdinal Guswandi, Selasa (26/9/2023).

"Sampai sekarang kerjasamanya masih berjalan dengan baik. Rata-rata ada 30 sampai 50 KTP yang kita antar per hari," ulasnya.

Ia menyampaikan, di kerjasama Andong, ongkos pengiriman KTP ditanggung oleh warga dengan biaya sebesar Rp12 ribu.

"Ini untuk (biaya pengiriman) reguler. Hari ini pesan, besok diantar. Ongkirnya (ongkos kirim) cuma Rp12 ribu, jauh-dekat. Untuk hitungannya bukan per KTP (tapi per paket), karena satu KK itu ada yang sampai 5 KTP, kemudian juga ada kartu identitas anak," terang Murdinal.

Namun untuk warga yang butuh KTP cepat, juga ada disiapkan pelayanan khusus oleh Grab.

"Pelayanan khusus ini bagi warga yang mau cepat, pesan hari ini langsung diantar. Itu ongkirnya tergantung, sampai Rp15 ribu, tergantung kebijakan Grab," papar Murdinal.

Seperti diketahui, Disdukcapil Kota Pekanbaru menjalin kerjasama dengan Grab untuk pengantaran langsung KTP siap cetak ke rumah warga.

Kerjasama yang terjalin merupakan satu dari tiga inovasi Disdukcapil yang dilaunching secara langsung oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Senin (19/6/2023) lalu. Kerjasama yang terjalin bertujuan mempermudah layanan kepada warga di dalam pengurusan administrasi kependudukan.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+