Pemko Pekanbaru Butuh Rp70 Miliar Bangun Ulang Gedung MPP

Selasa, 12 Desember 2023 - 20:21:45 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, membutuhkan anggaran sebesar Rp70 miliar untuk membangun ulang gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) yang terbakar beberapa waktu lalu.

"Kita sudah hitung kemarin itu untuk pembangunan MPP sekitar Rp70 miliar untuk MPP sendiri. Makanya uangnya besar sekali," ujar Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Selasa (12/12/2023).

Lantaran besarnya anggaran yang dibutuhkan, kata dia, Pemko Pekanbaru di APBD 2024 baru mengalokasikan anggaran untuk peyusunan Detail Engineering Design (DED) bangunan MPP yang baru.

"Untuk MPP, kita memang belum bicara pembangunan, kita baru DED kemarin," ungkapnya.

Berdasarkan DED tersebut, terang Muflihun, nantinya bangunan baru gedung utama MPP akan dibangun lebih ke belakang dari posisi awal.

"Nanti di depan itu (MPP) lapangan besar untuk orang berkumpul seperti taman kota. Cuma ini belum final," ujarnya.

"Kita masih perlu melakukan Forum Group Discussion (FGD). Kita akan mengajak baik itu akademisi, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, sejauh mana dan bagaimana, serta seperti apa kita akan bangun disana (MPP)," tutupnya menambahkan.

Seperti diketahui, gedung utama MPP Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman, mengalami kebakaran hebat pada Maret 2023 lalu. Dari hasil penyelidikan polisi, kebakaran dipicu oleh korsleting atau arus pendek listrik.

Saat ini, bangunan MPP sisa kebakaran sudah selesai dirobohkan. Namun untuk membangun ulang, Pemko Pekanbaru tak memiliki anggaran dan meminta bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Riau.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+