KI Riau Award 2023, Pekanbaru Raih Penghargaan Kategori Menuju Informatif

Jumat, 22 Desember 2023 - 12:16:20 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, saat menerima piagam penghargaan Menuju Informatif di ajang KI Riau Award 2023.

Betuah Pekabaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, meraih piagam penghargaan kategori Menuju Informatif di ajang KI Riau Award 2023.

Piagam penghargaan itu diterima Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, pada kegiatan Pemeringkatan dan Penganugerahan Badan Publik se-Provinsi Riau tahun 2023 yang dipusatkan di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis (21/12/2023) malam.

"Kami mendapat penghargaan dalam KI Award dari Komisi Informasi Riau. Penghargaan itu dalam kategori Menuju Informatif," ucap Indra Pomi.

Disampaikannya, penghargaan itu diterima Pemko Pekanbaru setelah KI Riau selesai melakukan tahapan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik untuk tahun 2023.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau Zufra Irwan menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan bukan untuk menyenangkan hati tapi sebagai bentuk apresiasi bagi pemerintah daerah karena telah berperan dalam keterbukaan informasi.

Ia mengatakan, pemberian penghargaan tersebut bukan secara mendadak. Namun telah dilakukan tahapan proses serta penilaian melalui Self Assesment Questionnaire (SAQ).

Kemudian, lanjut Zufra, ada juga terdapat penilaian Implementasi Kepatuhan publik seperti PPID, Desk Layanan Infomasi, Teknologi informasi, Sumber Daya Pengelola dan yang terpenting adalah Daftar Informasi Publik (DIP).

"Jadi, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan kepatuhan terhadap Keterbukaan Informasi Publik sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Semuanya adalah kemudahan bagi masyarakat dalam permohonan informasi," ucapnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+