Sosialisasi Penguatan Kampung KB

Inhu akan Rembuk Stunting di Januari 2024

Sabtu, 23 Desember 2023 - 15:20:53 WIB Cetak

Betuah Inhu- Mewakili Bupati Indragiri Hulu, Staf Ahli Evi Irma Junita, SKM., M.Kes, hadir dalam pencanangan dan sosialisasi penguatan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) pada Kecamatan Batang Gansal, Kecamatan Batang Cenaku dan Kecamatan Seberida, di Kantor Camat Batang Gansal, Jumat (22/12/2023).

Kampung Keluarga Berkualitas (KB) merupakan konsep percepatan pembangunan keluarga yang terintegrasi dan komprehensif dengan menggunakan pendekatan pemberdayaan individu, keluarga dan masyarakat.

Evi Irma Junita, menyampaikan keberadaan kampung KB memiliki tujuan utama yaitu tercapainya target penurunan angka stunting disetiap desa dan kelurahan di Kabupaten Indragiri Hulu.

Di Kabupaten Indragiri Hulu sendiri, sebut Evi Irma Junita sudah terbentuk 30 Desa Kampung KB dengan surat keputusan Bupati No KPTS.280/VI/2023 tentang penunjukan Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2023, maka seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Indragiri Hulu merupakan kampung KB.

"Saya atas nama pemerintah Daerah mengapresiasi kepada Kampung KB yang sudah memenuhi indikator kampung KB dan menjadi utusan kampung KB dalam lomba kampung KB di Provinsi Riau," ujar Evi Irma.

Kepada Kampung KB yang sudah terbentuk, staf Ahli 1 Evi Irma Junita mewakili Bupati Inhu berharap pemerintah desa dan unsur yang terlibat agar mengoptimalkan seluruh program dan kegiatan.

Dikesempatan yang sama, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab Indragiri Hulu Rika Vania Nora, S. SI T, MPH, menyebutkan dalam laporannya pencanangan dan sosialisasi penguatan kampung KB tersebut merupakan gelombang terakhir.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini adanya implementasi, sehingga visi dan misi dari kampung KB dapat terselenggara dengan baik serta dapat mendukung kesejahteraan masyarakat khususnya dalam penanganan penurunan angka stunting di Kabupaten Indragiri Hulu.

"Kampung KB point mendasar terdapat rumah dataku , dimana adanya informasi kependudukan dan data," sebut Kadis DPPKB Inhu.

Dengan programnya adalah rumah dataku, pemberian makanan tambahan, kelompok bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, upaya peningkatan keluarga Asektor, pelayanan kontrasepsi jangka panjang, tambah Kadis DPPKB Inhu.

Kadis DPPKB Inhu menekankan diharapkan seluruh masyarakat dapat mengisi rumah dataku dengan baik dan benar.

"Kita sama2 memperbaiki data base didesa," ujarnya.

"Januari tahun depan seluruh desa dan kelurahan direncanakan rembuk stunting, agar permasalahan yang kita hadapi bisa mendapatkan solusi lebih baik dan tepat sasaran". Harap Rika.

Diakhir kegiatan pencanangan dan sosialisasi juga dilakukan Penyerahan secara simbolis bantuan BKB Kit untuk Desa petala bumi, Desa terubung jaya dan Desa kelesa. Dan dilanjutkan dengan simulasi BKB Kit serta peninjauan poktan.***



Baca Juga Topik #Inhu+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+