Pengungsi Rohingya di Pekanbaru Kian Bertambah, Bahkan Ada yang Ilegal

Kamis, 14 Maret 2024 - 13:23:49 WIB Cetak

Betuah Pekanbaru- Jumlah pengungsi Rohingya di Kota Pekanbaru,  terus bertambah. Kondisi ini membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru berupaya mencari solusi dengan melibatkan instansi terkait.

''Sampai saat ini belum ada titik terang tentang pengungsi ini. Bahkan kami sempat bertanya kepada instansi terkait, boleh atau tidak mereka dipindahkan ke Aceh, karena mereka dari sana, atau kita stop saja. Tapi sejauh ini masih belum ada tanggapan,'' ujar Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Syoffaizal usai mengikuti rapat koordinasi dalam rangka pengendalian dan penanganan pengungsi di wilayah Kota Pekanbaru bersama Kemenkopolhukam, pimpinan International Organization for Migration (IOM) pusat beserta jajaran di Novotel, Rabu (13/3/2024).

"Tadi kami sudah berdiskusi dan menanyakan solusi mengenai pengungsi di Kota Pekanbaru ini, namun sampai saat ini sepertinya belum ada titik terang ya," katanya.

Ia menjelaskan, jumlah pengungsi Rohingya yang datang ke Kota Pekanbaru kian bertambah dan banyak juga dari mereka yang masuk secara ilegal.

"Kami sudah mengembangkan permasalahan ini, mulai dari jumlah pengungsi awalnya 134 orang ternyata setelah diverifikasi menjadi 129 orang di Rudenim yang belum tahu nasibnya seperti apa, karena tempatnya sudah full," jelasnya.

Ia menuturkan, saat ini total pengungsi berjumlah 184 orang.

"Sekarang sudah datang 29 orang, kemudian ada yang di luar Rudenim, ditambah lagi tadi pagi datang 26 orang lagi," tuturnya.

Kepala Badan Kesbangpol berharap adanya tanggapan dari pusat untuk mengatasi permasalahan pengungsi yang kian bertambah.

"Setidaknya sudah kami sampaikan kepada Kemenpolhukam dan Kemendagri. Tapi sejauh ini, mereka hanya sebatas menerima keluh kesah kami saja. Semoga setelah ini ada follow up sehingga kita menemukan solusinya. Boleh tidak mereka dipindahkan ke Aceh karena mereka dari sana, atau kita stop saja tapi yah sejauh ini masih belum ada tanggapan," tutupnya.(mcr)***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+