CJH Kota Pekanbaru Mulai Diberangkatkan ke Batam 12 Mei 2024

Rabu, 17 April 2024 - 10:55:37 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama CJH Pekanbaru saat membuka manasik haji perdana tahun 2024

Betuah Pekanbaru- Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Pekanbaru pada musim haji tahun 2024 sebanyak 1.167 orang dan akan mulai diberangkatkan ke embarkasi haji Batam 12 Mei 2024.

Hal itu dikatakan  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Syahrul Mauludi, ketika Manasik Haji perdana yang dibuka oleh Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, di Masjid Agung Annur, kemarin.

kegiatan bimbingan manasik haji ini dalam rangka mempersiapkan diri masing – masing dengan baik. Ini merupakan bentuk pelayanan pemerintah kepada CJH yaitu memberikan bimbingan kepada jemaah.

Dikatakan, total CJH asa Kota Pekanbaru pada musim haji tahun ini sebanyak 1.167 dan semuanya mengikuti kegiatan bimbingan.

"Hari ini bimbingan tingkat Kota Pekanbaru. Setelah ini, besok pagi dilanjutkan dengan tingkat kecamatan, karena pola manasik itu ada dua, tingkat kecamatan sebanyak delapan kali pertemuan dan tingkat kota 2 kali pertemuan. Ini menjadi upaya kita mempersiapkan jemaah untuk lebih maksimal lagi," urainya.

Dikatakan, CJH asal Kota Pekanbaru akan diberangkatkan dari Pekanbaru ke Batam melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru pada tanggal 12 Mei, dan selanjutnya diterbangkan dari Embarkasi Haji Batam pada tanggal 13 Mei 2024 ke Arab Saudi.

"Semoga tahapan-tahapan dari pelaksanaan ibadah haji ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar, dan para CJH diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa nantinya menunaikan ibadah suci dengan khusuk dan pulang dengan meraih gelar haji mabrur mabruroh," pungkasnya

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mengalokasikan anggaran sebesar Rp3 miliar lebih di APBD 2024 untuk menanggung biaya domestik haji. Tercatat sebanyak 1.167 warga yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini.

“Tahun ini Pemko Pekanbaru membantu subsidi melalui APBD untuk keberangkatan domestik Pekanbaru-Batam, Batam-Pekanbaru,” ungkap Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, usai membuka manasik haji tingkat Kota Pekanbaru, Selasa (16/4/2024).

Ia menyampaikan, anggaran domestik yang diberikan itu sebagai bentuk perhatian pemerintah kota guna membantu meringankan biaya transportasi para CJH khususnya dari daerah asal ke embarkasi dan dari debarkasi ke daerah asal.

“Ini kita berikan untuk menudahkan, juga sebagai perhatian bagi warga kita yang melaksanakan ibadah haji,” ucapnya.

Kepada para CJH, Pj walikota berpesan supaya menjaga kesehatan sehingga nantinya dapat melaksanakan ibadah haji sesuai rukun-rukunnya.

“Kita doakan para jemaah sehat pulang pergi dan menjadi haji yang mabrur,” harapnya.

Tak lupa, Pj walikota berharap saat di Tanah Suci Makkah nanti para CJH mendoakan Pekanbaru menjadi kota yang aman, nyaman, makmur, maju dan masyarakatnya sejahtera.

“Kita berharap para jemaah mendoakan Kota Pekanbaru supaya bisa lebih baik ke depannya,” tutupnya. (abd)***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+