MPP Pekanbaru jadi Percontohan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Indonesia

Kamis, 28 Maret 2019 - 16:13:36 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus dan jajaran foto bersama Menpan RB Syafruddin pada peresmian MPP Pekanbaru.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru kini sudah menjadi role model atau percontohan sistem pelayanan bagi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) kabupaten/kota di Indonesia.

Walikota Pekanbaru Firdaus menyebut, hal itu terbukti dengan banyaknya daerah yang sudah dan ingin belajar tentang pengelolaan MPP ke Kota Pekanbaru.

"Jadi selain menjadi yang terlengkap dan terbaik, MPP Pekanbaru saat ini juga sudah menjadi inspirasi bagi DPMPTSP di Indonesia," ujar walikota, Kamis (28/3/2019).

Belum lama ini, terang walikota, DPM-PTSP dari 35 kabupaten/kota se Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sudah menyambangi MPP di lantai dasar kantor Walikota Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman.

"Mereka datang untuk belajar dari MPP milik Pekanbaru," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer menyatakan jika penilaian MPP Pekanbaru sebagai Mal Pelayanan Publik terbaik dan terlengkap di Indonesia bukan hanya sekedar cerita.

"Buktinya, mereka (35 kabupaten/kota se Jateng) datang ke sini (MPP Pekanbaru) dan mengakui secara langsung," tegasnya.

Capai 1.000 Kunjungan

Terpisah, Kepala DPM-PTSP Pekanbaru Muhammad Jamil menyatakan, saat ini jumlah kunjungan di MPP Pekanbaru sudah hampir mencapai 1.000 orang per hari. 

Tingginya jumlah kunjungan ke MPP, ulas dia, menjadi perhatian serius bagi pihaknya bagaimana pengurus izin dan non perizinan tetap dapat terlayani dengan baik.

"Sehingga para pengurus izin merasa nyaman dan aman saat berurusan di MPP," harap dia.

Disampaikan Jamil, kini terdapat sebanyak 26 instansi pemerintah, lembaga, perbankan hingga badan usaha milik negara dan daerah yang berkantor memberikan pelayanan di MPP.

Ke-26 instansi pemerintah, lembaga, perbankan dan BUMN/D tersebut di antaranya DPM-PTSP Pekanbaru selaku pengelola MPP, Ikatan Notaris Indonesia, Badan Pertanahan Nasional Pekanbaru, PDAM, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Kemudian Bapenda Pekanbaru, Kantor Imigrasi Pekanbaru, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau, BRI, Bank Riau Kepri dan BNI. Lalu ada juga Bapenda Riau, Disdukcapil Pekanbaru, Jasa Raharja, Polda Riau, BKPSDM Pekanbaru, PLN dan Bea Cukai.

Selanjutnya Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), LPSE Pekanbaru, Kejaksaan Tinggi Riau, Kejaksaan Negeri Pekanbaru, PT Pos Indonesia, Kantor Kementerian Agama Pekanbaru dan PT Taspen. (abd) 



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+