Dimulai Besok, 1.500 Goweser akan Ramaikan Gowes Nusantara Etape Pekanbaru

Jumat, 20 September 2019 - 15:03:53 WIB Cetak

Kepala Dispora Pekanbaru Zulfahmi Adrian

BETUAH.COM, PEKANBARU - Meski kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan (karthula) tengah menyelimuti Kota Pekanbaru, namun pelaksanaan Gowes Nusantara 2019 Etape Pekanbaru Smartcity II tetap dilaksanakan sesuai jadwal terhitung 21-22 September.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan, hingga kini sudah terdapat sebanyak 1.500 goweser dari berbagai daerah di Riau dan provinsi tetangga yang memastikan diri mengikuti Gowes Nusantara 2019 Etape Pekanbaru Smartcity II tersebut.

"Pendaftaran ini masih tetap kita buka sampai dengan hari H. Khusus untuk 1.000 pendaftar pertama akan mendapat kaos Gowes Nusantara 2019 yang telah disiapkan panitia," ujarnya, Jumat (20/9/2019).

Sebagai antisipasi mengingat kualitas udara di Pekanbaru semakin memburuk akibat diselimuti kabut asap, terang Zoel, panitia telah menetapkan dua rute yang akan dilintasi ribuan goweser. Satu rute merupakan rute cadangan.

Rute pertama, start dimulai dari Mal SKA menuju Jalan Riau, kemudian masuk ke Jalan Yos Sudarso melewati Jembatan Siak II menuju Jalan Paus Rumbai, Jalan Sembilang dan melewati Jembatan Siak IV.

Dari Jembatan Siak IV, lurus ke Jalan Sudirman melewati Tugu Zapin dan berbelok ke Jalan Tuanku Tambusai (Nangka), kemudian finish kembali di Mal SKA Pekanbaru.

Sementara untuk rute kedua atau cadangan disiapkan lebih pendek. Start dari Mal SKA Pekanbaru, para goweser akan melintasi Jalan Soekarno Hatta (Arengka I) menuju Jalan Riau, kemudian lurus lewat RTH Integritas masuk ke Jalan Juanda.

Dari Jalan Juanda berbelok ke Jalan Sudirman kemudian u-turn di bawah Jembatan Siak IV, lurus dari Jalan Sudirman menuju Jalan Nangka dan kembali ke Mal SKA Pekanbaru.

"Rute cadangan ini kita namakan Rute Pekanbaru Melawan Asap. Rute cadangan ini juga sebagai bentuk simbol para gowes mania mendukung pemerintah dalam upaya memadamkan karhutla dan menindak pelaku pembakar lahan," ucapnya.

Diisi Berbagai Kegiatan

Lebih jauh disampaikan Zoel, pada iven gowes tahun ini tidak hanya sekedar kegiatan bersepeda mengelilingi Kota Pekanbaru saja. Akan tetapi juga akan turut digelar berbagai kegiatan.

"Seperti pada hari Sabtu 21 September 2019, kita juga akan menggelar bazar kuliner, lomba sepeda hias, festival band antar pelajar/mahasiswa serta costwalk superhero," ungkap mantan Kepala Satpol PP Pekanbaru ini.

Kemudian pada Sabtu malam, pengunjung Mal SKA juga akan dihibur penampilan penyanyi ibukota, Firman Siagian.."Puncaknya, Minggu 22 September 2019, yakni Gowes Nusantara yang akan dimulai sekitar pukul 07.00 WIB," tutupnya. (abd) 



Baca Juga Topik #Olahraga+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Olahraga

Tiga Klub London Melaju ke Putaran Empat Piala FA

Ahad, 06 Januari 2019
Olahraga

3.000 Tiket Proliga Putaran Dua Habis Terjual

Kamis, 17 Januari 2019
Olahraga

Jarang Tampil, Llorente tak Berminat Tinggalkan Madrid

Selasa, 25 Desember 2018