Pemkab Siak Ingin Adopsi Inovasi Smart Kampung Banyuwangi

Kamis, 03 Oktober 2019 - 17:46:10 WIB Cetak

Ilustrasi Inovasi Smart Kampung

BETUAH.COM, SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak ingin mengadopsi inovasi Smart Kampung atau kampung pintar yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Bupati Siak Alfedri mengatakan, inovasi Smart Kampung merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan berbasis online dan untuk pengembangan ekonomi desa guna mengentaskan kemiskinan.

"Dengan program itu pula, saat ini inovasi tumbuh subur. Desa-desa berlomba menampilkan inovasi masing-masing, sehingga warga desa kian mudah dan murah mengakses layanan publik," ujarnya, Kamis (3/10/2019).

"Program smart kampung juga untuk mendorong desa mengadaptasi kemajuan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ulasnya. 

Selain itu, terang Alfedri, melalui program smart city, desa yang selama ini dianggap kampungan dan tertinggal ingin diubah dengan sentuhan digital.

"Kami mendorong program smart kampung agar dapat diterapkan di kabupaten Siak. Inovasi ini di mungkinkan dengan keberadaan UU No 6/2014 tentang Kampung, yang mana desa atau kampung diberi kewenangan, dan keleluasan untuk berinovasi dan kreatifitas. Inovasi ini kita harapkan dapat meningkatkan semua potensi yang ada di kampung-kampung," ujarnya. 

Inovasi smart kampung, sambung Alfedri, juga sangat membantu dan permudah untuk melihat hasil dari penggunaan dana, mulai dari 5 persen hingga sudah digunakan dengan target 100 persen.

"Dana kampung dapat di akses di beberapa tahun terakhir sampai dengan tahun berjalan, mulai dari progres 10-50 sampai dengan 100 persen kita tahu, bupatinya pun dapat mengetahuinya," paparnya.

Di samping itu, lanjut Alfedri, smart kampung juga dapat mempermudah dalam penyusunan APB-KAM, dan juga mengetahui data penduduk miskin secara by name. "Sehingga kita bisa tahu setiap penduduk, kemudian dimana tempat tinggalnya, dan bisa dilihat dan diketahui dari 14 variabel data penduduk miskin," ucapnya.

"Kita juga dapat mengetahui berapa pendapatannya, ukuruan rumahnya, lantai rumahnya terbuat dari apa dan lain-lain. Semuanya sudah ada dapat di akses melalui aplikasi tersebut," tambah dia.

Smart Kampung juga dapat digunakan sebagai tempat pemasaran produk unggulan UMKM yang ada di setiap kampung melalui online. Untuk itu, dia mengharapkan inovasi tersebut dapat diterapkan di kampung-kampung.

"Sehingga perkembangan teknologi di setiap kampung se Kabupaten Siak bisa merata," harapnya. (rls/abd)



Baca Juga Topik #Siak+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+