DPRD Solok Belajar Penyusunan APBD ke DPRD Pekanbaru

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:38:05 WIB Cetak

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri dan jajaran foto bersama rombongan DPRD Kabupaten Solok.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok, Sumatera Barat, belajar penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni tahun anggaran 2020 ke DPRD Pekanbaru, Senin (21/10/2019).

Selain belajar penyusunan APBD, kedatangan rombongan wakil rakyat DPRD Solok itu juga bertujuan mendiskusikan terkait pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak dan sistem pengalokasian dana program pokok pikiran dewan.

Kedatangan rombongan DPRD Solok disambut Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri didampingi sejumlah Anggota Komisi II di antaranya Arwinda Gusmalina, Sovia, Eri Sumarni, Sabarudi dan Davit Marihot Silaban.

Pimpinan rombongan DPRD Solok Renaldo mengatakan, pemilihan DPRD Pekanbaru sebagai lokasi studi banding telah berdasar berbagai pertimbangan salah satunya karena Pekanbaru merupakan kota besar yang kini pembangunannya menggeliat di berbagai bidang.

"Kita ketahui saat ini Pekanbaru merupakan daerah yang sedang menggeliat dalam pembangunan. Di samping itu, kami juga meminta semacam kisi-kisilah apa upaya yang dilakukan DPRD Pekanbaru dan pihak pemerintah dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah," ujar Renaldo kepada wartawan.

Disampaikan politisi PAN ini, pertemuan dengan DPRD Pekanbaru juga membahas persoalan lainnya yang saat ini terjadi di Kabupaten Solok, seperti persoalan penerapan pajak restoran yang kurang berjalan dengan baik dan maksimal.

"Selain membahas soal APBD 2020, tadi kita juga membahas persoalan lain yang paling menonjol yakni terkait penerapan pajak restoran. Dimana, di Solok pajak restoran ini ada tapi kurang tersentuh, makanya tadi kita juga tanyakan disini penerapannya bagaimana," ungkap dia.

"Alhamdulillah, tadi dari berbagai diskusi tadi ada bebepa poin atau catatan yang bisa dijadikan masukan dan disesuaikan bahkan bisa diterapkan di DPRD Solok," ulas Renaldo.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri menyebutkan, kunjungan kerja dari DPRD Solok itu merupakan kunjungan kerja perdana pasca disahkannya susunan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Pekanbaru.

DPRD Pekanbaru, terang politisi Demokrat ini, telah memaparkan berbagai penjelasan yang dibutuhkan DPRD solok seperti proses penyusunan APBD murni 2020 yang telah disahkan pemakaiannya oleh DPRD periode 2014-2019 pada September lalu.

Karena semua penyusunan (APBD) harus melalui aturan yang berlaku, serta tidak boleh keluar dari mekanisme yang berlaku. Selain itu, hubungan kerjasama antar pihak legislatif dan eksekutif juga harus dijalin dengan baik. Kita juga berencana, akan melakukan kerjasama dengan Kabupaten Solok terkait harga dan  pasokan sembako di Pekanbaru," ungkap ungkap Fajri.

Di akhir kunjungan, dilakukan penyerahan cindera mata serta sesi foto bersama antara DPRD Pekanbaru dan DPRD Kabupaten Solok. Selain belajar ke Pekanbaru, rombongan DPRD Kabupaten Solok juga berencana akan menyambangi DPRD Kabupaten Kampar sebagai bahan refrensi dan perbandingan. (ocu)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+