RS dan Puskesmas di Pekanbaru Dihimbau Antisipasi Corona

Senin, 27 Januari 2020 - 14:35:38 WIB Cetak

Plt Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mengimbau seluruh rumah sakit (RS) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) agar terlibat aktif mengantisipasi virus corona.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan RS dan Puskesmas dalam antisipasi masuknya 2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV ke Kota Bertuah.

Pertama, seluruh rumah sakit dan puskesmas diminta terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan deteksi, pencegahan, respon dan antisipasi munculnya kasus-kasus dengan gejala pneumonia berat dengan etologi tidak jelas seperti kasus di Tiongkok yang datang berobat ke rumah sakit dan puskesmas.

"Kedua, jika ditemukan kasus, rumah sakit dan puskesmas diminta melakukan tatalaksana, isolasi, dan melaporkan secara berjenjang sesuai dengan sistem surveilans Diskes Pekanbaru ke kontak person 0811 7570 074," pintanya, Senin (27/1/2020).

Ketiga, apabila ditemukan kelompok atau klaster kasus virus corona di rumah sakit dan puskesmas agar dilakukan investigasi dan penanggulangan sesuai ketentuan berlaku untuk mencegah penularan dan penyebaran lebih lanjut sehingga kasus tidak meluas.

"Itulah beberapa upaya antisipasi dan pencegahan yang sudah kita lakukan saat ini. Yang jelas, untuk kasus corona belum ada ditemukan di Kota Pekanbaru," tutup Amin. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+