Pasien Suspect Virus Corona di Riau Bertambah jadi 7 Orang

Senin, 09 Maret 2020 - 16:28:17 WIB Cetak

Kepala Diskes Riau Mimi Yuliani Nazir

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau mencatat, hingga kini pasien suspect atau diduga terinfeksi virus corona sudah berjumlah menjadi 7 orang.

"Untuk yang di Provinsi Riau, sampai saat sekarang ini ada 7," ungkap Kepala Diskes Riau Mimi Yuliani Nazir kepada wartawan di Pekanbaru, Senin (9/3/2020).

Ketujuh pasien suspect corona itu, disampaikan Mimi, dirawat di ruang isolasi di empat kabupaten/kota. Di antaranya 4 pasien di RSUD Arifin Ahmad Riau di Pekanbaru, 1 pasien di RSUD Dumai, 1 pasien di RSUD Bengkalis dan 1 pasien lagi di RS Puri Indragiri Hilir.

"Semuanya dalam keadaan baik, sudah ditangani oleh tim medis di ruang isolasi," sebut dia. 

Ketujuh pasien bersangkutan, kata Mimi, terdiri dari 6 laki-laki dan 1 orang perempuan dengan usia 18 hingga 58 tahun.

"Semuanya sudah diambil sampel dan dikirim ke Litbangkes Jakarta. Sekarang tinggal menunggu hasilnya," terang dia.

Lebih jauh disampaikan Mimi, kasus suspect corona pertama yang dirawat di RSUD Arifin Ahmad Riau merupakan seorang laki-laki. Pasien pernah menginap satu hari di Malaysia karena batal berangkat melaksanakan ibadah umrah.

"Dia sebenarnya mahu pergi umrah yang batal karena ada kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi. Dia nginap satu hari di Malaysia, kemudian balik ke Indonesia, dan dia merasa ada gejala-gejala. Tetapi yang bersangkutan memiliki riwayat penyakit obstetrics kronis (paru)," papar dia. 

Pasien kedua juga seorang laki-laki dan dirawat di ruang isolasi RSUD Kota Dumai. Pasien kedua ini diketahui sebagai operator loading kapal yang bertugas memeriksa bongkar muat kapal yang datang dari luar negeri.

"Pasien kedua ini bekerjanya bongkar muat kapal dari luar negeri. Jadi ketika pas berobat ada gejala-gejala virus corona, kemudian dirujuk untuk diisolasi," ucapnya.

Kemudian pasien ketiga juga seorang laki-laki asal Indragiri Hilir yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK).

"Pasien ketiga ini anak buah kapal yang riwayatnya ada perjalanan dari Malaysia, dia turun ke pasar Malaysia. Lalu karena ada gejala-gejala suspect corona lalu masuk isolasi," ungkapnya.

Pasien keempat merupakan perempuan dan dirawat di ruang isolasi RSUD Arifin Achmad Riau. "Pasien keempat ini bekerja sebagai asisten rumah tangga. Jadi dia pernah kedatangan tamu dari Malaysia. Dari situ, ia merasa ada gejala dan pergi periksa dan diisolasi," kata Mimi.

Selanjutnya pasien kelima merupakan kaki-laki yang juga dirawat di RSUD Arifin Achmad. "Pasien ini baru pulang dari umrah dan berangkat ke Kuala Lumpur pada tanggal 23 Februari 2020. Kemudian pulang tanggal 5 Maret kemarin. Dia dirujuk langsung oleh KKP Pekanbaru," sebut Mimi.

Pasien keenam merupakan seorang laki-laki berasal dari Pekanbaru, rujukan dari salah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru ke RSUD Arifin Achmad. Dan pulang dari Malaysia. Pasien ketujuh, seorang laki-laki dan memiliki riwayat pernah berkunjung ke Malaysia.

"Semua hasil pemeriksaan Litbangkes, kalau positif, akan diumumkan secara resmi oleh Kementerian Kesehatan," tutupnya. (abd) 



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+