Tambah 12 Kasus, Positif Corona di Sumbar Melonjak jadi 44 Orang

Ahad, 12 April 2020 - 20:53:05 WIB Cetak

Walikota Padang Mahyedi memasangkan masker kepada salah seorang warga saat bagi-bagi masker gratis di Pasar Raya Padang, Minggu (12/4/2020) siang.

Betuah Sumbar - Kasus positif Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar), meningkat drastis menjadi 44 orang pada Minggu (12/4/2020).

Terjadi penambahan sebanyak 12 kasus dari Sabtu (11/4/2020) yang berjumlah 33 orang.

Juru Bicara Covid-19 Sumbar Jasman dalam keterangannya di Kota Padang, Minggu mengatakan, penambahan kasus positif terbanyak berasal dari Kota Padang berjumlah 10 orang, kemudian Mentawai 1 dan Pasaman 1 orang.

Dari kota Padang, sebut Jasman, ada satu keluarga yang positif 5 (lima) orang, tetapi masih dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) sehingga mereka hanya isolasi mandiri di rumah yang diawasi secara ketat oleh tim kesehatan.

Keluarga itu terpapar karena kontak dengan anggota keluarganya yang sebelumnya telah dinyatakan positif Covid-19.

Persoalannya salah seorang dari mereka berjualan di Pasar Raya Padang sehingga tim kesehatan harus melacak sejarah kontak mereka di Pasar Raya tersebut.

Sementara tambahan lima orang lagi merupakan pasien PDP yang telah dirawat di RSUP M Djamil, Padang.

"Lalu pasien positif lain satu orang dari Mentawai, mahasiswi di Jakarta. Yang bersangkutan telah dirawat di RSUD Kepulauan Mentawai dan diawasi ketat oleh tim kesehatan," ungkapnya.

Kemudian satu kasus positif dari Pasaman merupakan laki-laki berusia 35 tahun. Pasien diketahui menantu dari pasien pertama dari Pasaman.

"Sekarang isolasi mandiri. Namun, karena adanya kekhawatiran warga sekitar terpapar Covid-19, maka Pemkab Pasaman berupaya mencari tempat karantina terdekat dari Pasaman," ucapnya.

Pemprov Sumbar sendiri telah menawarkan kepada Pemkab Pasaman berbagai lokasi karantina provinsi dan kalau memang diperlukan agar segera berkoordinasi dengan pihak terkait di Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar.

Pasien positif COVID-19 itu dengan rincian dirawat 15 orang, isolasi diri di rumah 19 orang, sembuh 7 orang dan meninggal dunia 3 orang.

Sementara itu jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 juga bertambah satu orang yaitu yang dirawat oleh tim kesehatan RSUP M Djamil berasal dari Pesisir Selatan.

Dari laporan berbagai rumah sakit rujukan yang merawat pasien positif Covid-19, secara umum dinyatakan berangsur pulih dan membaik.

Berikut rincian perkembangan COVID-19 di Sumbar berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar pada Minggu (12/4/2020) pukul 13.00 WIB.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 5.118 dengan rincian 1.012 di antaranya masih dalam proses pemantauan dan 4.106 lainnya selesai dipantau.

Selanjutnya untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah sebanyak 151 orang. Rinciannya 27 orang masih dirawat di sejumlah rumah sakit, 98 orang dinyatakan negatif dan 26 lainnya menjalani isolasi di rumah masing-masing. (red)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Nasional

Besok, praperadilan Suryadharma Ali diputus

Selasa, 07 April 2015
Nasional

Mengintip Cantiknya Miss Saigon di Ho Chi Minh

Kamis, 05 November 2015