1.143 Orang di Pekanbaru Sudah Rapid Test Covid-19, 8 Orang Positif

Jumat, 24 April 2020 - 14:11:17 WIB Cetak

Gubernur Riau Syamsuar bersama Sekdako Pekanbaru Muhammad Noer, saat meninjau pelaksanaan rapid test di salah satu puskesmas di Pekanbaru, baru-baru ini.

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 8 orang dinyatakan positif dalam pemeriksaan cepat atau rapid test Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang dilakukan Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru.

"Dari 1.143 orang yang sudah dilakukan rapid test oleh Dinas Kesehatan, 1.135 hasilnya negatif dan 8 orang positif," ungkap Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi, Kamis (23/4/2020) sore.

Jumlah warga yang telah menjalani rapid test Covid-19 ini meningkat sebanyak 110 orang dari Rabu (22/4/2020) yang berjumlah sebanyak 1.033 orang dengan hasil 1.028 negatif dan 5 orang positif.

"Ini (rapid tes positif) termasuk yang sebelumnya dirawat di RSD Madani dan telah dinyatakan negatif sesuai hasil PCR (tes swab)," sebut Mulyadi.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Muhammad Amin menyatakan, warga yang dinyatakan positif sesuai hasil rapid test bukan berarti warga bersangkutan positif terinfeksi virus corona.

"Memang dari rapid test, hasilnya garis dua atau positif. Tapi ini baru indikasi saja, bukan positif covid," tegasnya.

Karena, lanjut Amin, untuk memastikan seseorang positif terinfeksi Covid-19 mesti dilakukan tes swab terlebih dahulu.

"Jadi belum tentu yang rapid test memang positif covid, bisa saja dari tes swab dinyatakan negatif. Untuk itu perlu dilakukan tindak lanjut dengan dilakukan tes swab. Seperti 5 orang yang sebelumnya hasil rapid test positif, sudah ada yang dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes swab," tutupnya. (abd) 



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+