Warga Medan Sembuh, Kini Warga Sumsel yang jadi Pasien Positif Corona di Pekanbaru

Senin, 13 Juli 2020 - 19:41:18 WIB Cetak

Data sebaran virus corona di Kota Pekanbaru per tanggal 13 Juli 2020.

Betuah Pekanbaru - Kasus konfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Kota Pekanbaru, Senin (13/7/2020) kembali bertambah 1 orang. Sementara pasien positif yang sembuh juga bertambah 1 orang.

"Dengan demikian, total kasus positif covid sampai hari ini berjumlah sebanyak 90 orang, yang mana 81 orang sudah sembuh dan pulang, 3 masih dirawat dan 6 meninggal dunia," kata Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi, saat memberi keterangan pers, Senin sore.

Disampaikannya, tambahan 1 kasus positif tersebut yakni R, laki-laki usia 26 tahun, warga Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan (Sumel).

Dari penelusuran kontak, R hendak melamar pekerjaan di salah satu perusahaan di Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Sesuai prosedur perusahaan, R diwajibkan menjalani pemeriksaan rapid test terlebih dahulu.

"Hasil rapid test, tuan R dinyatakan reaktif. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan swab, hasilnya keluar hari ini dan dinyatakan positif covid," ungkap Mulyadi.

Saat ini, sebut dia, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mulai melakukan pelacakan kontak pasien R. "Karena tuan R diketahui sempat tinggal di mes pekerja di Kota Pekanbaru," paparnya.

Sementara itu, tambahan 1 pasien positif yang sembuh yakni MH, laki-laki usia 40 tahun, warga Kota Medan, Sumatera Utara.

MH juga merupakan calon tenaga kerja di salah satu perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan. Sesuai prosedur, calon tenaga kerja diwajibkan menjalani pemeriksaan rapid test terlebih dahulu. Ia dinyatakan positif covid pada 4 Juli lalu.

Kemudian untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini juga terdapat penambahan sebanyak 9 orang pasien dirawat dan 1 orang meninggal dunia.

"Sehingga jumlah PDP menjadi 872 orang, dimana 766 orang sudah sembuh dan pulang, 32 masih dirawat, 74 meninggal dunia," urainya.

Adapun tambahan 1 PDP meninggal dunia yakni N, perempuan usia 37 tahun, warga Kelurahan Umbansari, Kecamatan Rumbai.

"Pasien masuk rumah sakit pada 10 Juli lalu. Keluhan pasien yaitu mual, nyeri ulu hati, demam naik turun selama dua minggu, sesak nafas, dan tidak ada nafsu makan. Pasien usai melahirkan sekitar 13 hari lalu. Pasien sudah menjalani swab. Namun, pasien meninggal dunia hari ini," terang Mulyadi.

Selanjutnya untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga terdapat penambahan sebanyak 7 orang dengan total ODP menjadi 6.625 orang. Rinciannya, 6.565 selesai dipantau dan 60 lainnya masih dipantau. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+