Diskes Pekanbaru akan Tambah 2.000 Alat Pemeriksaan Swab

Ahad, 26 Juli 2020 - 13:36:07 WIB Cetak

Plh Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldi

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dalam waktu dekat akan melakukan pengadaan sebanyak 2.000 alat pemeriksaan swab test.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Zaini Rizaldi menyebut, nantinya alat pemeriksaan swab test itu akan didistrubusikan sebanyak 1.000 alat ke Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani.

"Kemudian 1.000 lagi di Dinas Kesehatan. Paling cepat pengadaan alat swab test ini tuntas dalam satu pekan," ucapnya, Minggu (26/7/2020).

Setelah dilakukan pengadaan nanti, sebut dia, pihaknya akan melakukan pemeriksaan swab test secara massal terhadap tenaga kesehatan yang tersebar di seluruh puskesmas se Kota Pekanbaru.

"Sejak awal kita memang sudah berencana melakukan swab test bagi petugas yang berhubungan dengan penanganan covid. Namun belum bisa digelar karena keterbatasan alat swab test," ungkapnya.

Sejauh ini, lanjut Zaini, pemeriksaan swab test baru digelar pihaknya di Puskesmas Rumbai dan di RSD Madani Pekanbaru.

Pemeriksaan swab test dan rapid test sendiri sesuai dengan program TOS pemerintah kota, yakni untuk menemukan kasus, kemudian diobati dan disembuhkan. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+