Positif Corona di Pekanbaru Bertambah 37 Kasus, 5 Orang Pegawai Diskes

Selasa, 01 September 2020 - 20:21:40 WIB Cetak

Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi

Betuah Pekanbaru - Konfirmasi positif Covid-19 di Kota Pekanbaru, hari ini Selasa (1/9/2020) bertambah sebanyak 37 kasus lagi. Lima di antaranya merupakan pegawai Dinas Kesehatan Pekanbaru.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi mengatakan, tambahan 37 kasus terbaru merupakan kontak erat kasus positif dan hasil pemeriksaan swab secara mandiri.

"Kemudian ada 5 orang yang dari suspek (Pasien Dalam Pengawasan)," ungkapnya saat memberi keterangan pers, Selasa sore.

Secara sebaran, terang Mulyadi, tambahan kasus positif terbanyak hari ini tercatat di Kecamatan Tenayan Raya berjumlah 7 orang, 1 warga Kelurahan Pematang Kapau, 2 warga Tangkerang Timur, 1 warga Sialang Sakti, 2 warga Rejosari dan 1 warga Bambu Kuning.

Di Kecamatan Marpoyan Damai ada tambahan 5 kasus, 1 warga Kelurahan Sidomulyo Timur, 1 warga Tangkerang Barat, 2 warga Maharatu dan 1 warga Tangkerang Tengah.

"Senapelan juga bertambah 5 kasus, 1 di Kelurahan Padang Bulan dan 4 di Kampung Baru," sebut Mulyadi.

Selanjutnya di Kecamatan Payung Sekaki bertambah 4 kasus positif, 3 warga Kelurahan Labuh Baru Barat 3 dan 1 warga Labuh Baru Timur.

Kecamatan Rumbai bertambah 3 kasus, ketiganya warga Kelurahan Umban Sari. Begitu juga dengan Kecamatan Pekanbaru yang juga bertambah 3 kasus positif yang merupakan warga Kelurahan Kota Baru (Ketiganya kontak erat seruma kasus positif Tuan MDJ).

Sedangkan di Rumbai Pesisir ada tambahan 3 kasus, 1 warga Kelurahan Lembah Sari dan 2 warga Limbungan Baru (1 kasus meninggal dunia).

Di Bukit Raya bertambah 2 kasus, 1 warga Tangkerang Selatan dan 1 warga
Tangkerang Utara. Kecamatan Tampan juga bertambah 2 kasus, 1 di Kelurahan Simpang Baru dan 1 di Tuah Karya.

"Sementara di Sukajadi ada tambahan 1 kasus, warga Kampung Melayu. Serta 1 kasus lagi merupakan warga luar Pekanbaru ber-KTP Siak Hulu, Kampar," papar Mulyadi.

Adapun lima pegawai Diskes yang positif terpapar corona di antaranya FA perempuan usia 26 tahun, NR perempuan 36 tahun, YY perempuan 55 tahun, A laki-laki 44 tahun dan KP laki-laki usia 47 tahun.

"Kelimanya merupakan kontak erat tempat kerja kasus positif Nyonya R. Saat ini, 4 orang di antaranya sudah diisolasi di RSD Madani," terang Mulyadi.

Selain tambahan kasus positif, hari ini juga terdapat tambahan 3 pasien positif yang dinyatakan sembuh dan 1 tambahan kasus meninggal dunia.

Kasus meninggal dunia tersebut yakni M, perempuan usia 44 tahun, warga Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir. Pasien sebelumnya dirawat di RSAB A Yani dengan keluhan batuk, lemah, sesak, demam, mual dan mencret.

Pasien juga ada riwayat penyakit komorbid hipertensi. Riwayat perjalanan dan kontak dengan kasus positif belum diketahui. Pasien meninggal tanggal 31 Agustus 2020.

"Dengan demikian, total terkonfirmasi Covid-19 berjumlah sebanyak 710 kasus. Dimana 251 orang sudah sembuh, 363 isolasi mandiri, 83 dirawat di rumah sakit dan 13 orang meninggal dunia," tutup Mulyadi. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+