Kontak Erat Positif Corona OTG Tidak Wajib Jalani Swab Test

Kamis, 24 September 2020 - 23:44:38 WIB Cetak

Tim medis saat melakukan pengambilan sampel swab.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyatakan, saat ini keluarga atau kontak erat kasus positif corona yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), sudah tidak diwajibkan lagi menjalani pemeriksaan swab.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, hal itu sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 revisi V Kementerian Kesehatan.

"Jadi, ketika ada seseorang positif corona, berlaku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 revisi V Kemenkes. Salah satunya menyatakan, ketika orang positif corona tanpa gejala, yang kontak eratnya tidak wajib lagi melakukan pemeriksaan swab. Kecuali kontak erat mempunyai gejala," ucapnya, Kamis (24/9/2020).

Untuk itu, ia menyatakan warga tidak perlu khawatir mesti menjalani swab test ketika ada anggota keluarga yang positif terinfeksi virus corona namun tidak bergejala.

"Dengan siapapun kita berinteraksi berbicara tatap muka, mau dia positif atau negatif corona, asalkan menerapkan protokol kesehatan, Insyaallah terhindar dari virus corona," ujarnya.

"Kita juga tetap boleh berjabat tangan dengan pasien positif tapi setelahnya cuci tangan dengan sabun. Tapi kalau sebaliknya tidak menerapkan protokol kesehatan, walaupun dia negatif bisa-bisa kita kena kasus positif," ulas pria yang akrab disapa dokter Bob ini.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan gencar melakukan pelacakan kontak terhadap pasien positif Covid-19. Namun sejak Minggu (20/9/2020) kemarin, hal itu sudah tidak dilakukan khsususnya terhadap pasien positif corona OTG.

Dari data Dinas Kesehatan, hingga 23 September 2020 tercatat sebanyak 1.365 positif corona OTG yang saat ini masih menjalani isolasi secara mandiri di rumah tempat tinggal.***



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+