Komorbid, Vaksinasi 4.043 Nekes di Pekanbaru Ditunda

Senin, 15 Februari 2021 - 16:27:35 WIB Cetak

Tim vaksinator tengah memeriksa kesehatan tenaga medis sebelum dilakukan penyuntikan vaksin Sinovac.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mencatat, terdapat sebanyak 4.043 tenaga kesehatan (nakes) yang dilakukan penundaan vaksinasi lantaran mengalami komorbid atau penyakit penyerta seperti hipertensi (tekanan darah tinggi) dan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Muhammad Noer melalui Kepala Bidang P2P Hamdan menyebutkan, secara keseluruhan terdaftar sebanyak 14.674 nakes yang akan menerima suntik vaksin.

"Sekarang yang tercatat dan terdaftar 14.674 nakes. Komorbid ada 4.043 orang," ungkapnya, Senin (15/2/2021).

Dari 14.674 nakes terdaftar, terang Hamdan, yang telah disuntik vaksin Sinovac hingga saat ini berjumlah 9.451 orang.

"Jadi yang belum divaksin (di luar nakes komorbid) ada 1.180 nakes lagi," ucapnya.

Khusus untuk nakes komorbid, disampaikan Hamdan saat ini pihaknya tengah membuat surat agar bisa dilakukan vaksinasi. Tapi, kata dia, kendalanya apakah stok vaksin yang dimiliki Diskes masih cukup atau tidak untuk diberikan kepada nakes komorbid.

"Komorbit ini, kita lagi membuat surat untuk dilakukan vaksinasi. Namun itukan kita juga harus siap dengan vaksin kita," tutupnya.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah kota tengah melakukan percepatan vaksinasi terhadap nakes. Vaksinasi sendiri ditargetkan tuntas sebelum akhir Februari mendatang.

Proses vaksinasi sendiri melibatkan sebanyak 31 rumah sakit dan 21 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di Kota Bertuah. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+