BPBD Sebut Pekanbaru Masih Aman dari Ancaman Karhutla

Sabtu, 13 Maret 2021 - 19:37:00 WIB Cetak

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru menyatakan, meski sekitar 60 persen wilayah di Ibukota Provinsi Riau merupakan lahan gambut, namun hingga kini masih aman dari ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Karena itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pekanbaru Zarman Candra menyebut jika Kota Bertuah belum membutuhkan suplai peralatan atau perlengkapan untuk mengahadapi karhutla.

"Saat ini situasi kita belum terlalu butuh suplai. Akan tetapi, bukan mendoakan ya, bilamana ke depan terjadi karhutla seperti beberapa tahun lalu, kita sudah sampaikan kepada gubernur agar mendapatkan dukungan suplai, seperti pembangunan rumah sehat," ucapnya, Jumat (12/3/2021). 

Saat ini, kata dia, BPBD hanya mempunyai satu unit mobil pemadam kebakaran (MPK), 1 unit truk dan empat unit sepeda motor untuk melakukan pemantauan titik api di 15 wilayah kecamatan.

Namun demikian, Zarman Candra mengklaim penanganan kebakaran lahan di Kota Pekanbaru masih berjalan dengan baik. 

Ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pekanbaru serta PUPR Pekanbaru serta dinas lain untuk melakukan penanganan secara bersama-sama jika sewaktu-waktu terjadi karhutla. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+