Pendangkalan Picu Banjir, PUPR Pekanbaru akan Normalisasi Sungai Sail

Rabu, 31 Maret 2021 - 22:39:02 WIB Cetak

Rumah warga di aliran Sungai Sail yang direndam banjir pada Senin (29/3/2021).

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, akan melakukan pengerukan atau normalisasi terhadap aliran dan Sungai Sail.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, saat ini saluran pembuangan air dan Sungai Sail telah terjadi pendangkalan sehingga kerap memicu banjir ketika hujan turun.

"Hasil tinjauan kita, salah satu faktor penyebab banjir akibat luapan Sungai Sail karena terjadi pendangkalan," ungkapnya, Rabu (31/3/2021).

Dikatakan Indra, jika normalisasi bisa dilakukan khususnya di bagian selatan yang terhubung dengan Sungai Siak, maka banjir sesaat tidak akan terjadi lagi ketika musim penghujan.

"Sekitar 30 persen bisa selesai banjirnya. Cuma kita kemarin waktu musrenbang provinsi sudah kita sampaikan penanganan banjir di Pekanbaru ini. Supaya provinsi juga ikut membantu kita," ucapnya.

Selain penanganan yang dilakukan pemerintah kota, bantuan provinsi diperlukan pada wilayah yang menjadi kewenangan Pemprov Riau.

"Kita sebisanya bantu, akan turunkan alat kita. Tapi tentu harus menunggu air surut dulu. Alat untuk saat ini turun di lokasi kewenangan kita, di sekitar Tenayan Raya," tutupnya.

Seperti diketahui, ratusan rumah warga di sepanjang aliran Sungai Sail direndam banjir pada Senin (29/3/2021). Banjir terjadi pasca diguyur hujan lebat pada Minggu (28/3/2021) malam hingga Senin dinihari. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+