Ada yang Keluyuran, Positif Covid di Pekanbaru Dilarang Isoman di Rumah

Kamis, 15 Juli 2021 - 23:32:31 WIB Cetak

Salah seorang warga saat dijemput tim medis untuk dievakuasi ke fasilitas kesehatan milik pemerintah, Kamis (15/7/2021).

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mulai melarang warga yang terpapar covid namun tidak bergejala atau OTG untuk menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah tempat tinggal.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, seluruh positif corona OTG yang mencapai ratusan orang, seluruhnya mesti diisolasi di fasilitas kesehatan yang telah disiapkan oleh pemerintah.

"Kita tegaskan tidak ada pasien yang melakukan isolasi mandiri lagi di rumah, harus isolasi di fasilitas karantina pemerintah," tegasnya, Kamis (15/7/2021).

Disampaikan Firdaus, isoman di rumah pribadi tidak maksimal bahkan bisa memicu semakin meningkatnya sebaran wabah. Pasalnya, sebagian di antara warga yang isoman kedapatan masih tetap beraktivitas di luar rumah dan berinteraksi dengan warga sekitar.

"Ini karena petugas di lapangan tidak dapat mengawasi selama 24 jam, maka hal ini mesti jadi perhatian khusus," ujarnya.

Dengan isolasi di fasilitas pemerintah, lanjut dia, positif covid dapat diawasi secara penuh dan diberikan pelayanan secara maksimal hingga dinyatakan sembuh dari paparan covid.

"Sehingga pasien bisa membangun imun secara menyeluruh selama berada di fasilitas karantina pemerintah," tutupnya.

Pernyataan Walikota Pekanbaru tersebut seiring dengan kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Provinsi Riau. Yang mana, pada Kamis (15/7/2021) mulai mengerahkan sebanyak 60 ambulans guna mengevakuasi warga Pekanbaru yang isoman ke fasilitas kesehatan pemerintah. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+