Positif Corona OTG yang Isolasi Mandiri di Pekanbaru Capai 168 Orang

Ahad, 23 Agustus 2020 - 13:19:18 WIB Cetak

Rusunawa Rejosari di Jalan Teluk Lembu Ujung, Kecamatan Tenayan Raya. (Foto/Surya/Riau1)

Betuah Pekanbaru - Warga Pekanbaru yang positif terpapar virus corona namun tidak bergejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG) yang melakukan isolasi secara mandiri di rumah tempat tinggal, hingga Sabtu (22/8/2020) sore capai 168 orang.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi mengatakan, saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menyiapkan 10 kamar isolasi di Rumah Sehat di Rumah Susun Sederhana dan Sewa (Rusunawa) Rejosari sebagai tempat isolasi bagi positif corona OTG.

Nantinya, bagi positif OTG yang tidak memiliki ruangan khusus di rumah tempat tinggal, bisa menjalani isolasi di rusunawa yang terletak di Jalan Teluk Lembu Ujung, Kecamatan Tenayan Raya tersebut.

"Jadi saat ini sudah terdapat 10 kamar khusus di Rusunawa Rejosari yang disiapkan pemerintah kota bagi para OTG," ungkapnya, Sabtu (22/8/2020) sore.

Disampaikannya, tingginya sebaran wabah corona yang menginfeksi warga Pekanbaru sejak beberapa pekan terakhir, telah membuat ruangan isolasi yang disiapkan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani di Jalan Garuda Sakti, Kecamatan Tampan, sudah terisi semua.

"RSD Madani sudah tidak bisa lagi menampung pasien positif maupun OTG," ungkap Mulyadi yang juga menjabat sebagai Direktur Utama RSD Madani Pekanbaru ini.

Untuk diketahui, kasus positif corona di Pekanbaru melonjak sejak awal Agustus lalu. Sebagian besar di antaranya merupakan OTG hasil pelacakan kontak dan pemeriksaan swab secara massal maupun secara mandiri.

Khusus positif corona OTG, Pemerintah Pusat tidak menanggung biaya selama menjalani isolasi dan perawatan medis di rumah sakit. Karena itu, positif OTG memilih mengisolasi diri secara mandiri di rumah tempat tinggal.

Lantaran biaya perawatan tidak ditanggung pusat, maka pemerintah kota menyiapkan ruang isolasi di Rusunawa Rejosari.

Walikota Pekanbaru Firdaus sebelumnya menyatakan, selama menjalani isolasi di Rusunawa Rejosari, semua kebutuhan OTG Covid-19 mulai dari obat-obatan yang diperlukan hingga kebutuhan sehari-hari akan ditanggung oleh Pemko Pekanbaru.***



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+