Dinas Ketapang Pekanbaru Launching Aplikasi siTANGAN

Rabu, 01 September 2021 - 13:39:58 WIB Cetak

Kepala Dinas Ketapang Kota Pekanbaru saat me-launching aplikasi siTANGAN, Rabu (1/9/2021).

Betuah Pekanbaru - Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru, menggelar launcing aplikasi Sistem Manajemen Informasi Ketahanan Pangan atau siTANGAN, Rabu (1/9/2021).

Kepala Dinas Ketapang Kota Pekanbaru Alek Kurniawan menyebutkan, aplikasi siTANGAN merupakan salah satu inovasi digital yang dibuat untuk mendukung optimalisasi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam pemberian layanan publik yang lebih memadai.

Dikatakannya, inovasi menjadi hal mutlak yang harus dilakukan terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19. Maka perlu dilakukan optimalisasi pengembangan teknologi digital dalam mendukung tupoksi Disketapang di tengah ketatnya pembatasan-pembatasan selama pandemi covid.

"Kami mengapresiasi hadirnya aplikasi siTANGAN ini, terlebih lagi dasar pengembangannya untuk memudahkan pekerjaan di Ketapang," ucapnya.

Disampaikan Alek, siTANGAN merupakan rumah virtual yang diharapkan mampu menjadi termpat bernaungnya data-data ketahanan pangan yang valid dan terintegrasi, sehingga berujung adanya big data ketahanan pangan di Kota Pekanbaru. 

Karenanya inovasi inipun sudah dituangkan dalam regulasi Keputusan Kepala Dinas Ketahanan Pangan kota Pekanbaru Nomor Kpts.521/DKP/862/2021 tentang Sistem Manajemen Informasi Ketahanan Pangan di Lingkungan Dinas Ketahanan Pangan kota Pekanbaru.

"Dengan adanya siTANGAN, diharapkan kawan-kawan di Ketapang dapat mengoptimalkan media ini dan benar-benar mampu memberikan manfaat bagi kebutuhan organisasi kita," ujarnya.

Menurut Alek, informasi secara sederhana dapat didefinisikan sebagai hasil pengolahan data dalam bentuk yang lebih baik bagi penerima untuk menggambarkan peristiwa nyata yang digunakan untuk membuat keputusan. Sumber informasi itu adalah data.

"Dengan siTANGAN diharapkan seluruh pemangku kepentingan di Disketapang dapat bekerja secara terintegrasi dan berkelanjutan serta mampu menghasilkan data yang valid dan real time," harap dia.

Adapun informasi yang disajikan pada aplikasi siTANGAN di antaranya Running Teks Berita Disketapang terkini, informasi harga pangan strategis, update data distributor, pasar dan pelaku usaha pangan yang ada di Kota Pekanbaru. (rls)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+