Pekanbaru Minta Dukungan Gubri Beri Gelar Pahlawan ke Sultan Siak ke-5

Rabu, 01 Desember 2021 - 20:59:50 WIB Cetak

Ketua TP2GD Pekanbaru Ayat Cahyadi

Betuah Pekanbaru - Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Pekanbaru, meminta dukungan Gubernur Riau terkait pengajuan Sultan Kerajaan Siak Sri Inderapura ke-5 Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai Pahlawan Nasional.

Ketua TP2GD Pekanbaru Ayat Cahyadi menyebutkan, dari hasil pertemuan bersama Gubernur Riau Syamsuar, mantan Bupati Siak itu sangat mendukung pengajuan gelar pahlawan bagi pendiri Kota Pekanbaru tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Gubri," ucap Ayat yang juga menjabat sebagai Wakil Walikota Pekanbaru ini, usai bertemu Gubri di rumah dinasnya, Rabu (1/12/2021).

Kepada TP2GD Pekanbaru, kata dia, Gubri menyarankan agar dibuatkan sketsa wajah Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau yang lebih dikenal dengan Tengku Muhamad Ali.

"Saran beliau sangat konkret, terutama terkait sketsa wajah dan dokumen. Kami sedang menyiapkan sketsa wajah (Sultan Siak ke-5)," ujarnya.

Nantinya, lanjut Ayat, sosok Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah yang diusulkan diberi gelar Pahlawan Nasional itu juga akan disosialisasikan kepada masyarakat di Provinsi Riau terutama di Kota Pekanbaru.

"Pesan beliau (Gubri) jangan cepat-cepat, tetapi sekali diusulkan jadi," tutup Ayat.

Sebelumnya, TP2GD Pekanbaru juga sudah meminta dukungan Komandan Resort Militer 031/Wirabima untuk pemberian gelar Pahlawan Nasional ke Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah.

Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau Tengku Muhamad Ali, merupakan sultan ke-5 dari Kerajaan Siak Sri Inderapura, putra Sultan Alamuddin dan keponakan dari Sultan Muhammad. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+