Pekanbaru Masuk Percontohan Uji Coba Penerapan KTP Digital

Rabu, 05 Januari 2022 - 20:25:02 WIB Cetak

Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita

Betuah Pekanbaru - Kota Pekanbaru bersama 49 kabupaten/kota di tanah air, ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai pilot project atau percontohan uji coba penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital.

"Dari 514 kabupaten-kota yang mengajukan diri untuk penerapan KTP digital, dipilihlah 50 untuk uji coba itu. Alhamdulillah, kita masuk salah satunya," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru Irma Novrita, Rabu (5/1/2022).

Namun untuk tahap awal, sebut dia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memilih lagi dua kabupaten/kota dari 50 daerah terpilih sebagai percontohan.

"Tahap awal, dari 50 tadi, dipilih lagi 2 daerah untuk uji coba. Apakah masih bisa dihacker (diretas). Intinya untuk mengetahui bagaimana kekuatan KTP digital ini," ungkapnya.

"Jadi untuk saat ini posisi kita dan 48 kabupaten-kota lainnya masih menunggu (hasil uji coba penerapan KTP digital di dua daerah terpilih untuk tahap awal)," ulas Irma.

Lebih jauh disampaikan Irma, persiapan penerapan KTP digital sendiri telah dimulai pihaknya sejak 2020 lalu.

"Ini diawali dengan peralihan sistem SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) terdistribusi. Untuk persiapan KTP digital ini, itu harus beralih dari SIAK terdistribusi ke Siak terpusat. Itu kita di 2021 sudah terpusat. Alhamdulillah sudah berjalan dengan lancar," paparnya.

Dengan penerapan KTP digital, lanjut Irma, banyak memberikan keuntungan bagi pemerintah. "Seperti evisiensi di segi anggaran dan lainnya," tutup mantan Camat Tampan ini. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+