Terima Kartu Tani, Ribuan Petani di Pekanbaru jadi Peserta BPJS TK

Rabu, 26 Januari 2022 - 19:56:47 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus, menyerahkan Kartu Tani secara simbolis kepada perwakilan petani, Rabu (26/1/2022).

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 2.171 petani di Kota Pekanbaru, kini telah menerima Kartu Tani. Dengan demikian, mereka juga sudah terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Kartu Tani tersebut diluncurkan secara resmi oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, bertempat di kantor Dinas Pertanian dan Perikanan setempat, Rabu (26/1/2022).

"Kartu Tani ini multi fungsi. Jadi tidak cuma untuk membeli pupuk subsidi, tapi juga untuk membantu para petani agar bisa tumbuh lebih baik," ucap walikota.

Untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani, kata dia, sejauh ini pemerintah kota juga telah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi seperti Universitas Riau, Universitas Islam Riau dan Universitas Lancang Kuning.

"Kerjasama ini juga sebagai bentuk dukungan kita kepada mahasiswa yang melakukan penelitian ke kelompok tani, kelompok ternak dan kelompok budi daya ikan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus menyebut jika Pekanbaru mendapat alokasi 2.400 Kartu Tani. Sebanyak 2.171 di antaranya telah disalurkan pada kegiatan tersebut.

Dirinya mengatakan untuk kepesertaan BPJS Tenaga Kerja (TK) ada anggarannya yang bersumber dari APBD Kota Pekanbaru dan dukungan dari RS Syafira sebagai orangtua asuh petani penerima kepesertaan BPJS TK.

"Mereka yang menerima Kartu Tani dan kepesertaan BPJS TK merupakan para petani. Mereka berasal dari kelompok tani yang sudah menyusun kebutuhan pupuk bersubsidi. Kartu Tani ini bisa berfungsi untuk pembelian pupuk subsidi, juga bisa digunakan untuk transaksi keuangan," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+