Demam Berdarah Memawah di Pekanbaru, Satu Penderita Meninggal Dunia

Kamis, 10 Februari 2022 - 20:21:30 WIB Cetak

Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Kota Pekanbaru, Riau, saat ini tengah menghadapi Demam Berdarah Dengue (DBD) yang turut mewabah di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih menyebutkan, hingga minggu ke-6 tahun 2022 ini saja sudah tercatat sebanyak 125 warga yang terjangkit DBD. Satu penderita di antaranya meninggal dunia.

"Di puskesmas ada satu yang meninggal dunia yang berdomisili di Kecamatan Payung Sekaki," ungkapnya, Kamis (10/2/2022).

Disampaikan Zaini, saat ini merupakan masa yang rentan terhadap demam berdarah karena masuk ke musim pancaroba. Karena itu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk bisa menjalankan program 3M.

"Yakni menutup, menimbun, serta menguras tempat penampungan air. 3M ini merupakan acara efektif untuk mengatasi masalah DBD," ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa dokter Bob ini, foging atau pengasapan yang banyak dilakukan pada saat DBD hanya membantu membunuh nyamuk dewasa dan tidak mematikan jentik atau juga lava.

"DBD tidak bisa selesai dengan fogging, karena hanya membunuh nyamuk dewasa. Jadi tidak efektif. cara paling ampuh itu adalah 3M," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+