Pekanbaru Tengah Hadapi Sebaran Dua Wabah Secara Bersamaan

Jumat, 25 Februari 2022 - 22:06:21 WIB Cetak

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi

Betuah Pekanbaru - Kota Pekanbaru, Riau, kini tengah menghadapi sebaran dua wabah secara bersamaan yakni pandemi Covid-19 varian Omicron dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengatakan, dari laporan yang ia terima, saat ini penderita DBD di Ibukota Provinsi Riau sudah mulai mengalami peningkatan hampir di seluruh kecamatan.

Untuk itu, ia mengajak warga secara bersama-sama meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan salah satunya dengan cara menggalakan gotong royong.

"Kemudian warga juga kita himbau menjalankan program 3M, menguras, mengubur dan menutup wadah penampungan air," ucapnya, Jumat (25/2/2022).

Di samping itu, Ayat juga memerintahkan Dinas Kesehatan setempat agar melakukan fogging atau pengasapan di wilayah pemukiman yang terdapat kasus demam berdarah.

Meskipun fogging tidak bisa mengatasi sepenuhnya nyamuk penyebab DBD, lanjut dia, namun setidaknya bisa membantu masyarakat yang panik dengan DBD.

Sementara itu berdasarkan data Dinas Kesehatan, sepanjang 2022 ini sudah tercatat sebanyak 140 warga yang terjangkit DBD. Satu penderita di antaranya meninggal dunia.

Dari 140 kasus tersebut, warga yang paling banyak menderita DBD terdapat di tiga kecamatan di antaranya Kecamatan Marpoyan Damai berjumlah 28 kasus, disusul Payung Sekaki 26 kasus (1 meninggal dunia), dan Tuah Madani 24 kasus. (rki)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+