PUPR Pekanbaru Gelontorkan Rp13 Miliar Normalisasi Tiga Sungai

Jumat, 03 Juni 2022 - 14:31:42 WIB Cetak

Alat berat dan pasukan kuning Dinas PUPR Pekanbaru tengah melakukan normalisasi saluran pembuangan air menuju ke Sungai Sibam.

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, mengelontorkan anggaran sebesar Rp13 miliar untuk melakukan normalisasi atau pengerukan tiga sungai.

Ketiga sungai tersebut di antaranya Sungai Sail, Sungai Sibam, dan Sungai Air Hitam. Normalisasi sendiri merupakan salah satu upaya mengantisipasi banjir.

"Normalisasinya tengah dilakukan. Anggaran normalisasi ini sekitar Rp13 miliar," ungkap Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Jumat (3/6/2022).

Disampaikannya, proses normalisasi tiga sungai dimaksud perlu dilakukan lantaran pemukiman warga di kawasan pinggiran sungai kerap direndam banjir ketika musim hujan.

Alat berat terus dikerahkan guna mengeruk sungai. Endapan sungai yang telah dikeruk dijadikan tanggul guna menahan aliran air saat hujan deras. 

Fokus utama Dinas PUPR adalah Sungai Sail. Sungai ini melewati permukiman warga yang padat penduduk mulai dari hulu hingga hilir. 

Dinas PUPR juga akan bekerja sama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III Kementerian PUPR. Dokumen kerja sama tengah disusun Dinas PUPR. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+