Dishub Pekanbaru Ganti 167 PJU di Arifin Ahmad ke Smart System

Selasa, 19 Juli 2022 - 20:33:58 WIB Cetak

Petugas dari Dishub Pekanbaru tengah mengganti PJU di salah satu ruas jalan ke LED Smart System.

Betuah Pekanbaru - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, telah mengganti sebanyak 167 titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Arifin Ahmad ke lampu konvensional Light Emitting Diode (LED) Smart System.

"Jadi mulai dari simpang Jalan Sudirman sampai simpang Jalan Arengka, itu sudah dilakukan peremajaan," kata Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso melalui Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Hidayat A, Selasa (19/7/2022).

Saat ini, sebut dia, peremajaan PJU tengah dilakukan pihaknya di tiga ruas jalan di antaranya Jalan Tengku Bay, Jalan Utama dan di kawasan Rumbai.

"Di ruas Jalan Tengku Bay peremajaan lampu konvensional juga mulai dilakukan. Di Jalan Utama, baru jalan, baru mulai, ada 36 titik. Kemudian di Rumbai juga dalam tahap pengerjaan, ada lebih kurang 23 titik," ungkap Hidayat.

Untuk diketahui, PJU Smart System merupakan penerapan dari IoT atau Internet of Things. IoT adalah sebuah konsep di mana internet dapat dihubungkan dengan benda-benda sehingga benda tersebut dapat dikontrol atau digunakan dengan perangkat nirkabel.

Smart System ini dikendalikan dari ruang kontrol yang berlokasi di kantor Dinas Perhubungan setempat. Ruang kontrol dapat memonitor seluruh PJU LED selama 24 jam secara real-time.

Lampu PJU Smart System juga dapat dihidupkan dan dimatikan dengan kendali dari ruang kontrol sehingga lebih efisien dibandingkan dengan cara pengoperasian manual. Apabila ada lampu yang padam karena kerusakan, notifikasi akan muncul di layar ruang monitor sehingga operator ruang kontrol dapat langsung memberikan perintah kerja kepada petugas di lapangan untuk melakukan perbaikan segera. 

Notifikasi tersebut dapat menunjukkan lokasi dari lampu yang padam, jenis lampu, serta nomor token. Jika lampu sudah diperbaiki, akan muncul pula notifikasi bahwa lampu sudah dapat berfungsi seperti sedia kala.

Smart System ini juga dapat menghemat listrik serta biaya yang digunakan karena lampu dapat dinyalakan dan dimatikan tepat waktu, serta untuk daerah yang aktivitasnya minim pada malam hari, petugas dapat menurunkan pencahayaan serta penggunaan daya.

Sedangkan untuk jenis lampunya sendiri, lampu LED SS tahan lama karena dapat bertahan selama 50 ribu jam atau sekitar 12 tahun. Jenis daya lampu disesuaikan dengan kondisi jalan, misalnya untuk jalan utama menggunakan daya listrik 200 watt, untuk jalan penghubung 120 watt, jalan lingkungan 90 watt, dan untuk gang 40 watt.

Penerangan Jalan Umum Smart System merupakan penerapan smart city karena memanfaatkan teknologi terkini untuk mengurangi bahkan mengatasi berbagai permasalahan ibukota. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+