Banjir yang Merendam 9 Pemukiman Warga di Pekanbaru Mulai Surut

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:39:32 WIB Cetak

Sejumlah rumah warga di bantaran Sungai Batak, Kecamatan Sail yang terendam banjir.

Betuah Pekanbaru - Banjir akibat guyuran hujan lebat yang merendam 9 pemukiman warga di sejumlah kecamatan di Kota Pekanbaru sejak Selasa (4/10/2022) kemarin, kini sudah mulai surut.

"Alhamdulillah sudah surut semua, baik itu di Perumahan Witayu (Rumbai), di perumahan di sekitaran Kecamatan Bukit Raya dan titik lainnya," ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Candra, Rabu (5/10/2022) siang.

Meski volume air yang merendam pemukiman warga telah berkurang, kata dia, namun pihaknya masih tetap menempatkan perahu karet di pemukiman yang terdampak banjir.

"Begitu juga dengan tenda penampungan masih kita dirikan di titik-titik banjir," ungkapnya.

Di samping itu, Zarman tetap mengingatkan warga khususnya yang tinggal di bantaran sungai agar mewaspadai banjir susulan mengingat hujan masih berpeluang mengguyur Kota Pekanbaru.

"Kita doakan saja semoga curah hujan tidak lebat, sehingga Insyaallah kita semua bisa terhindar dari bencana," tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Indra Pomi Nasution menyampaikan permohonan maaf kepada warga karena pihaknya belum berhasil menuntaskan persoalan banjir yang menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tersebut

Sejauh ini, sebut dia, pihaknya terus berupaya mengatasi persoalan banjir seperti melakukan normalisasi terhadap anak sungai, sungai, dan juga saluran pembuangan air atau drainase.

Khusus Sungai Sail, lanjut Indra, biasanya mampu menampung debit air setelah dilakukan normalisasi sejak enam bulan terakhir.

"Tapi tadi malam sepertinya Sungai Siak tinggi airnya, ditambah debit air hujan yang turun tinggi sehingga terjadi banjir yang sekarang ini. Sungai Sail meluap. Sehingga, banjir terjadi di Pekanbaru," pungkasnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+