Gagal Ginjal Akut Pada Anak, Pj Walikota Ingatkan Orangtua Waspada

Senin, 24 Oktober 2022 - 22:30:45 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, mengingatkan orangtua untuk lebih waspada dan menjaga kesehatan menyusul ditemukannya kasus gagal ginjal akut pada anak usia 0-5 tahun.

Menurutnya, meski hingga kini kasus tersebut belum ada ditemukan di Kota Pekanbaru, namun warga mesti tetap harus waspada dengan selalu menjalankan himbauan pemerintah.

"Kita mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan. Mengingat saat ini banyak musibah ya, dan saat ini yang terbaru adalah masalah ginjal akut pada anak-anak," ujar Muflihun, Senin (24/10/2022).

Ia meminta para orang tua jangan panik, namun harus tetap waspada. Jika anak mengalami gejala sakit, agar secepatnya dibawa ke fasilitas kesehatan. Jangan sampai dibiarkan berlarut-larut.

"Langsung bawa anak ke Puskesmas atau klinik. Nanti tentu pihak fasilitas kesehatan akan memberikan pengobatan yang tepat. Karena memang saat inikan ada beberapa obat yang dilarang untuk dikonsumsi kan," ucapnya.

Ia mengatakan beberapa waktu lalu pihak BPOM sudah mengumumkan obat sirup yang dilarang beredar dan ditarik dari peredaran. Pihaknya meminta masyarakat tidak mengkonsumsi ataupun memberikan obat yang dilarang tersebut kepada anak yang sakit.

"Kita minta masyarakat untuk mengikuti imbauan dari BPOM dan juga pemerintah. Ini untuk kebaikan bersama," pintanya.

Pada kesempatan tersebut Muflihun juga meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit DBD, terlebih di musim hujan.

"Kita minta untuk lebih waspada dan hati-hati. Untuk masyarakat karena masuk musim hujan, tolong kembali gotong royong, minimal di rumah sendiri. Jangan sampai ada genangan air yang berdampak pada munculnya DBD," sebutnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+