Dishub Pekanbaru Sudah Kumpulkan Rp2 Miliar dari Retribusi Uji KIR

Kamis, 15 Juni 2023 - 22:28:43 WIB Cetak

Kepala UPT PKB Dishub Pekanbaru Zulfahmi

Betuah Pekanbaru - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, terhitung sejak awal Januari hingga akhir Mei 2023 sudah berhasil mengumpulkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi uji kelayakan kendaraan bermotor atau KIR sebesar Rp2 miliar.

Capaian tersebut sudah berkisar 48 persen dari target Rp4,5 miliar yang ditetapkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

"Kita optimis bisa mengejar target Rp4,5 miliar tahun ini," kata Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso melalui Kepala UPT PKB Zulfahmi, Kamis (15/6/2023).

Ia menyampaikan, saat ini rata-rata kendaraan yang melakukan uji KIR berkala maupun pengujian baru sekitar 120 kendaraan per hari. Jumlah ini sudah meningkat dibandingkan saat pandemi yang hanya di bawah 100 kendaraan per hari.

Zulfahmi mengaku masih rutin melakukan imbauan kepada pihak perusahaan angkutan untuk secara berkala melakukan uji KIR. Pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penegakan hukum di lapangan lebih ketat.

"Karena kalau sering razia, tentu pengusaha angkutan lebih tertib dan mau melakukan uji KIR," ujar dia.

Salah satu kendala lainnya adalah masih banyaknya truk over dimensi over load (ODOL) yang enggan untuk melakukan uji KIR. Pemilik angkutan takut melakukan uji KIR karena mereka enggan mengurangi dimensi kendaraan.

"Truk odol itu kebanyakan takut mereka KIR, karena takut mereka dipotong. Mereka tidak datang lagi. Kalau mereka datang tetap kita ingatkan untuk potong," ungkapnya.

Zulfahmi kembali mengimbau pemilik kendaraan angkutan umum, dan angkutan barang agar melakukan uji kendaraan mereka secara berkala. Hal ini guna keselamatan pengguna jalan dalam berlalu lintas.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+