Distankan Pekanbaru Libatkan Puluhan KWT Dalam Gerakan Menanam Cabai

Rabu, 07 Februari 2024 - 21:42:32 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, menerima sayuran hasil pertanian KWT, pada peluncuran program Pekanbaru Bertani dan Gerakan Menanam Cabai, Rabu (7/2/2024).

Betuah Pekanbaru - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, melibatkan sebanyak 34 Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam Gerakan Menanam Cabai.

Nantinya, masing-masing KWT yang tersebar di 15 kecamatan se-Kota Pekanbaru itu ditargetkan bisa menyiapkan sebanyak sepuluh ribu bibit cabai untuk ditanam dan juga dibagikan kepada warga.

"Jadi, kita targetkan satu KWT ada sepuluh ribu bibit. Kalau lebih dari itu, tentu kita apresiasi," ujar Kepala Distankan Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus, usai peluncuran program Pekanbaru Bertani dan Gerakan Menanam Cabai yang dipusatkan di kawasan pertanian Kelompok Tani Amara Jaya, Jalan Nagasakti, Kecamatan Binawidya, Rabu (7/2/2024).

Untuk menyiapkan bibit cabai tersebut, kata dia, Distankan bakal memberikan bantuan media tanam kepada masing-masing KWT.

"Kita akan beri media tanamannya, kemudian KWT ini membuat bibit tanaman dan disebarkan ke masyarakat. Kita akan lihat, berapa yang berkembang baik," ucap Firdaus.

Ia menyampaikan, Gerakan Menanam Cabai itu seiring dengan program Pekanbaru Bertani. Pemerintah kota ingin memberdayakan seluruh anggota KWT di kecamatan.

"Ini disebut Pekanbaru Bertani, karena untuk memberdayakan anggota KWT menyediakan bibit untuk masyarakat," tetang dia.

Firdaus menambahkan, gerakan tersebut tidak cuma fokus pada sektor pertanian saja. Namun rencananya sektor perikanan juga diberdayakan lewat program budi daya ikan. "Kita kasi indukan yang bagus, agar ikan hasil budi dayanya lebih baik," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun melakukan peluncuran program Pekanbaru Bertani dan Gerakan Menanam Cabai. Kegiatan itu merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan inflasi.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+