Menpan RB Sebut Mal Pelayanan Publik Pekanbaru Terbaik di Indonesia

Kamis, 28 Februari 2019 - 23:53:31 WIB Cetak

Menpan RB Syafruddin bersama Walikota Pekanbaru Firdaus di Kantor Kemenpan RB di Jakarta, Kamis (28/2/2019). (Dok Kemenpan RB)

BETUAH.COM, PEKANBARU - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin, memuji keberadaan dan pelayanan yang diberikan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru di lantai dasar Kantor Walikota Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman.

Bahkan, mantan Wakapolri itu menyebut MPP yang sesuai jadwal akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi bertepatan dengan HUT Damkar tingkat nasional di Pekanbaru pada 6 Maret mendatang, merupakan pusat pelayanan terpadu satu pintu terbaik di Indonesia.

Hal itu disampaikan Menpan usai mendengan ekspos kesiapan peresmian MPP oleh Walikota Pekanbaru di hadapan Menpan Safrudin serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna H Laoly, di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

"Usia mendengar pemaparan dari pak walikota, pak menteri (Menpan) menyampaikan mungkin MPP Pekanbaru terbaik di Indonesia," ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pekanbaru Muhammad Jamil.

Menpan, terang Jamil yang juga turut mendampingi walikota dalam ekspos itu, juga menyampaikan apresiasi dengan banyaknya pelayanan perizinan dan non perizinan yang ditangani di MPP Pekanbaru.

"Pak Menteri bersyukur karena Pekanbaru sangat bagus dan diikuti banyak Tenant dan termasuk MPP yang banyak memberi pelayanan," ujarnya.

Turut Diapresiasi Menkum HAM

Apresiasi terhadap MPP Pekanbaru juga datang dari Menkum HAM Yasonna H Laoly. Menurut Yasonna, MPP Pekanbaru sangat membantu sekali khususnya dalam mempermudah masyarakat mengurus perpanjangan paspor.

Sejauh ini, Menkum HAM menyatakan jika pengurusan perpanjangan paspor hanya dipusatkan di kantor Imigrasi kabupaten/kota dengan pelayanan yang masih terbatas.

"Jumlah pengurusan di Imigrasi hanya 200 per hari. Dengan adanya MPP, bertambah 100 lagi. Karena itu, pak Menkum HAM mengucapkan terima kasih karena telah mengajak Imigrasi (di MPP) sehingga mengurangi keterbatasan mereka dalam memberi palayanan," ucap Jamil.

Turut hadir juga dalam ekspos MPP itu, Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal, Inspektur Inspektorat Pekanbaru Syamsuir, Plt Kepala BPKAD Syoffaizal, Kabag Tapem Zarman Candra, Kepala Bidang Pendataan DPMPTSP Adi Lesmana dan sejumlah pejabat pemko lainnya. 

Juga Diapresiasi Gubernur Riau

Apresiasi pertama kali datang dari Gubernur Riau Syamsuar, saat meninjau MPP didampingi Wakil Gubernur Riau Edy Nasution dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Senin (25/2/2019) kemarin.

Dengan adanya pembangunan MPP Pekanbaru sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu, Syamsuar berharap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan lebih mudah dan cepat.

"MPP ini tentunya memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengurus berbagai perizinan dan surat-surat yang dibutuhkan lainnya," ujarnya kepada wartawan usai peninjau MPP.

"Apalagi ini (MPP) merupakan salah satu program dari Presiden Jokowi untuk memberi kemudahan pelayanan bagi masyarakat," ulas mantan Bupati Siak ini.

Menurut Syamsuar, keberadaan MPP yang merupakan pelayanan satu atap tersebut sangat dibutuhkan di Pekanbaru mengingat Pekanbaru sendiri merupakan ibukota Provinsi Riau. (abd) 



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+