Ini Penjelasan BKN Soal Jadwal Perekrutan 253.173 CPNS dan P3K

Sabtu, 15 Juni 2019 - 12:59:18 WIB Cetak

Ilustrasi CPNS 2019/net

BETUAH.COM, JAKARTA - Pemerintah segera mengumumkan ke publik terkait jadwal dan proses perekrutan sebanyak 253.173 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K).

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan, Jumat (14/6/2019). Hanya saja, dia masih enggan memberikan penjelasan lebih lanjut.

"Saya belum tahu detailnya, kapan, di mana, bagaimana. Tetapi, SOP pelaksanaanya sudah jelas," ungkap Ridwan kepada Kompas.com, Jumat (14/6/2019).

Disampaikannya, sesuai SOP dimaksud telah diatur mekanisme dari awal hingga akhir proses rekrutmen CPNS dan P3K. Di antaranya pengumuman selama 15 hari kerja, pendaftaran secara online, seleksi dan tahapan lain-lain.

"Itu semua akan kami sampaikan pada waktunya," ujar dia.

Didahului P3K

Lebih jauh dikatakan Ridwan, rekrutmen CPNS dan P3K tahun ini kemungkinan besar akan didahului seleksi penerimaan P3K. Ini juga sempat disinggung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin beberapa waktu lalu.

"Yang duluan adalah P3K tahap II, tahap I sudah kemarin. Pak Menpan RB ada sebut bulan, yang duluan seleksi adalah seleksi P3K. Kapan (pelaksanaan) saya belum tahu," ucap Ridwan.

Sebagai informasi awal bagi masyarakat, sambung dia, BKN telah mem-posting informasi terkait penerimaan CPNS 2019 dan P3K melalui media sosial Instagram, Facebook, dan Twitter.

"Namun prosesnya belum bisa disampaikan karena memang belum ada detailnya. Masih banyak hal yang perlu dipersiapkan, selain menganalisis masukan dari daerah-daerah, kami juga akan melakukan evaluasi seleksi kompetensi bidang (SKB) yang dibilang terlalu sulit," tutupnya. (red)



Baca Juga Topik #nasional+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+