45 Anggota DPRD Pekanbaru Dalami Tupoksi Sebagai Wakil Rakyat

Rabu, 09 Oktober 2019 - 17:51:45 WIB Cetak

Anggota DPRD Pekanbaru saat mengikuti orientasi pendalaman tupoksi yang ditaja DPSDM Riau, Rabu (9/10/2019).

BETUAH.COM, PEKANBARU - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau, memberikan pemahaman dan pendalaman tugas pokok dan fungsi (tupoksi) wakil rakyat kepada 45 Anggota DPRD Pekanbaru.

Pendalaman tupoksi diberikan melalui orientasi gelombang I yang dipusatkan di salah satu hotel di Pekanbaru terhitung Rabu (9/10/2019) hingga Jumat (11/10/2019).

Kegiatan yang ditaja BPSDM Riau itu merupakan salah satu upaya memantapkan para wakil rakyat dalam menjalankan tugasnya lima tahun ke depan.

Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani yang turut hadir pada orientasi tersebut menilai kegiatan itu sangat penting untuk diikuti para anggota legislatif dalam menjalankan tupoksi sebagai wakil rakyat.

"Orientasi ini sebenarnya hak dan kewajiban anggota dewan, apalagi anggota DPRD Pekanbaru periode ini banyak yang baru. Maka saya nilai orientasi sangat penting diikuti, dan yang annggota dewan lama saya kira tidak salah untuk mengulang kaji," ujarnya.

Dari materi yang disampaikan pada sesi pertama, Hamdani mengatakan banyak informasi dan pengetahuan yang bisa diambil oleh para anggota dewan. Di antaranya bagaimana memahami seutuhnya kerangka dasar pancasila dan undang-undang dasar yang di dalamnya juga menyangkut tugas-tugas legislatif.

"Kita dituntut tidak hanya sekedar koar-koar kami NKRI, kami nasionalisme, tetapi bagaimana aktualisasi dari NKRI itu, dan tunjukkan bahwa kita ini memiliki pemahaman pancasila yang utuh dan tidak hanya sekedar seremoni tapi betul-betul menunjukkan dan menghargai yang namanya perbedaan pendapat," tegasnya.

"Kemudian menghargai masukan serta juga menghragi suptansi dari pancasila undang-undang dan demokrasi," ulas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini. (abd)



Baca Juga Topik #politik+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+