Diskes Pekanbaru Jadwalkan Pemeriksaan TBC ke Rutan dan Pesantren

Sabtu, 14 Maret 2020 - 22:41:49 WIB Cetak

Plt Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, pada Kamis (26/3/2020) mendatang akan melakukan pemeriksaan peyakit TBC atau tuberkulosis secara gratis ke sejumlah rumah tahanan (rutan) dan pondok pesantren (ponpes).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan, pemeriksaan TBC yang akan dilakukan bersempena dengan Hari Tuberkulosis sedunia yang jatuh pada 24 Maret 2020.

"Pemeriksaan ini kita jadwalkan dalam satu hari. Ada tiga sasaran dalam kegiatan ini di antaranya Rutan Sialang Bungkuk, Lapas Klas II Pekanbaru,l dan salah satu pondok pesantren," ungkapnya, Sabtu (14/3/2020).

Disampaikan Amin, sebanyak 21 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) beserta tenaga medis akan dilibatkan dalam pemeriksaan TBC nanti.

Hal itu dilakukan senagai salah satu upaya pihaknya dalam memutus penyebaran virus tuberkulosis di tengah-tengah masyarakat. 

Disebutkan Amin, dengan upaya penemuan kasus tuberkulosis pada seseorang yang terjangkit, dapat memutus mata rantai penularan ke 10 hingfa 15 orang di sekitarnya. 

"Karena kalau 1 orang yang terkena TBC, maka 10 sampai 15 orang di sekitar yang terjangkit tadi juga dapat terjangkit akibat penularan virus," ucap dia. 

Tuberkulosis sendiri dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal batasan usia. Namun, dapat dicegah dan diobati dengan mengkonsumsi obat rutin selama enam bulan. (red)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+