Diskes Pekanbaru Sudah Rapid Test 1.033 Orang, 5 Positif

Rabu, 22 April 2020 - 14:03:57 WIB Cetak

Awak media saat menjalani rapid test di kantor Walikota Pekanbaru, Jumat (17/4/2020) lalu. Dari hasil pemeriksaan ini, semuanya dinyatakan negatif.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Riau, sejauh ini telah melakukan rapid test atau pemeriksaan cepat Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terhadap 1.033 orang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan, dari 1.033 orang yang di-rapid tes itu sebanyak 1.028 di antaranya negatif dan 5 lainnya dinyatakan positif.

"Ini (hasil rapid test positif) indikasi saja, bukan positif covid," tegasnya, Rabu (22/4/2020).

Untuk 5 orang yang dinyatakan positif itu, terang Amin, langsung diberikan perawatan medis seperti di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru dan ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Yang positif (sesuai hasil rapid tes) ini tentu kita PDP kan dia dulu sampai menunggu hasil swab nya keluar," ucap dia.

Karena, lanjut Amin, untuk memastikan seseorang positif terinfeksi Covid-19 mesti dilakukan tes swab terlebih dahulu.

"Jadi belum tentu yang rapid test memang positif covid, bisa saja dari tes swab dinyatakan negatif. Untuk itu perlu dilakukan tindak lanjut dengan dilakukan tes swab, dan informasi yang kita terima dari RSD Madani sudah ada yang dinyatakan negatif," tutupnya.

Informasi adanya hasil rapid test positif ini sebelumnya disampaikan Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi melalui keterangan pers, Selasa (21/4/2020) sore.

"Dapat kami informasi juga bahwa Dinas Kesehatan Pekanbaru telah melakukan pemeriksaan rapid test kepada 1.033 orang dengan hasil 1.028 negatif dan 5 positif. Ini termasuk yang sebelumnya dirawat di RSD Madani dan telah dinyatakan negatif sesuai hasil PCR (tes swab)," ungkapnya. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+