Warga Natuna Positif Corona di Pekanbaru Dua Kali Kunjungi Sungai Hijau

Sabtu, 06 Juni 2020 - 22:35:53 WIB Cetak

Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi, saat memberi keterangan pers, Sabtu (6/6/2020) sore.

Betuah Pekanbaru - HW, laki-laki usia 48 tahun yang menjadi pasien positif Covid-19 ke-41 di Kota Pekanbaru, merupakan warga Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. 

Sejak masuk ke Kota Pekanbaru pada 13 April 2020 lalu, pasien sudah berkeliaran di banyak tempat hingga ke Sungai Hijau Bangkinang di Kecamatan Salo, Kampar.

Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi mengatakan, dari riwayat perjalanannya, pasien HW diketahui sudah dua kali berkunjung ke Sungai Hijau bersama keluarga.

"Tanggal 26 Mei, pasien bersama keluarga sempat jalan-jalan ke Sungai Hijau di Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar. Pada 28 Mei, pasien kembali jalan-jalan ke Sungai Hijau," ungkapnya saat memberi keterangan pers, Sabtu (6/6/2020) sore.

"Pasien juga sempat shalat berjamaah di salah satu masjid di Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kampar. Jadi pasien ini perjalanannya cukup banyak sejak masuk ke Kota Pekanbaru tanggal 13 April 2020," ulas Mulyadi.

Meski pasien terdata sebagai warga Natuna sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun disampaikan Mulyadi jika keluarga pasien berdomisili di Kota Pekanbaru.

"Anak dan istri pasien ini berdomisili di Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya," ucapnya.

Untuk itu, lanjut dia, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Dinas Kesehatan akan segera menelusuri riwayat perjalanan atau kontak pasien selama di Kota Pekanbaru.

"Kami akan melakukan penyelidikan epidemiologi dengan melacak orang-orang yang berkontak dengan pasien.  Mudah-mudahan, kami tidak menemukan hasil pasien positif lainnya," harap dia.

Lebih jauh disampaikan Mulyadi, pasien HW sebelumnya berencana berangkat ke Natuna pada 4 Juni lalu. Karena berangkat melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, pasien harus memenuhi salah satu syarat yaitu rapid test.

Saat menjalani proses rapid test, pasien dinyatakan reaktif. Kemudian, pasien menjalani proses swab (pengambilan sampel lendir pada saluran pernafasan) di salah satu rumah sakit swasta dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

"Saat ini pasien sudah dirawat di RSUD Arifin Ahmad," paparnya.

Untuk diketahui, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Pekanbaru sempat tidak ada penambahan sejak 15 hari terakhir. Namun, kini kembali ditemukan kasus baru yang dibawa dari Natuna.

"Sehingga total kasus konfirmasi positif menjadi 41 orang, dimana 36 sudah sehat dan pulang, 1 masih dirawat, 4 meninggal dunia," urai Mulyadi.

Kemudian untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga bertambah 4 orang menjadi 609 orang. Rinciannya sebanyak 518 orang sudah sehat dan pulang, 26 masih dirawat dan 65 meninggal dunia.

"Selanjutnya untuk orang dalam pemantauan (ODP) hari ini bertambah 139 orang, sehingga total ODP berjumlah 5.945 orang, dimana 5.192 orang sudah selesai pemantauan dan 753 orang masih dalam pemantauan," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+