Rata-rata Kontak Pasien Positif Corona di Pekanbaru Merupakan OTG

Kamis, 25 Juni 2020 - 23:56:09 WIB Cetak

Ilustrasi positif Covid-19/net

Betuah Pekanbaru - Pandemi gelombang kedua di Kota Pekanbaru masih terus berlanjut. Yang menjadi perhatian, rata-rata kontak dari pasien positif Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Yang kontak ini rata-rata orang tanpa gejala," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Muhammad Amin melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maisel Fidayesi, Kamis (25/6/2020).

Begitu juga dengan pasien positif corona, sebagian di antaranya juga merupakan OTG.

Seperti pasien positif terbaru yakni TCL, laki-laki, usia 78 tahun, warga Kelurahan Rintis, Kecamatan Limapuluh. Pasien ini sama sekali tidak memiliki gejala.

TCL baru dinyatakan positif terinfeksi covid setelah menjalani rapid test dan swab test sebagai salah satu persyaratan agar bisa menjalani operasi mata di salah satu rumah sakit swasta di Kota Pekanbaru.

"Tuan TLC ini masuk rumah sakit tanggal 18 Juni dengan tidak ada keluhan. Rencana beliau untuk melakukan operasi di salah satu rumah sakit swasta," ungkap Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi, saat memberi keterangan pers, Rabu (24/6/2020) sore kemarin.

"Sesuai prosedur, pasien harus menjalani rapid test terlebih dahulu, hasilnya reaktif. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan swab, hasilnya keluar hari ini dan dinyatakan positif. Saat ini sudah dirujuk ke RSUD Arifin Achmad," ulas dia.

Kemudian pasien positif lainnya, KS, laki-laki usia 70 tahun, warga Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir.

"Tuan KS juga tidak ada keluhan, kemudian melakukan pemeriksaan rapid test hasilnya reaktif dan dilanjutkan dengan test swab, hasilnya keluar hari ini dinyatakan positif. Riwayat perjalanan belum diketahui dan saat ini juga sudah dirujuk ke RSUD Arifin Achmad," sebut Mulyadi. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+